Jumat 11 Oct 2024 07:42 WIB

Ini Reaksi para Tokoh Olahraga Dunia Tentang Pengumuman Pensiun Rafael Nadal

Nadal menyatakan akan gantung raket setelah tampil di final Piala Davis bulan depan.

 Rafael Nadal dari Spanyol bereaksi ketika dia menyaksikan rekan setimnya Paula Badosa melawan Harriet Dart dari Inggris dalam pertandingan Grup D mereka di acara tenis United Cup di Sydney, Australia, Ahad, 1 Januari 2023.
Foto: AP/Mark Baker
Rafael Nadal dari Spanyol bereaksi ketika dia menyaksikan rekan setimnya Paula Badosa melawan Harriet Dart dari Inggris dalam pertandingan Grup D mereka di acara tenis United Cup di Sydney, Australia, Ahad, 1 Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rafael Nadal pada Kamis (10/10/2024) mengumumkan akan pensiun dari tenis setelah final Piala Davis bulan depan. Pengumumannya ini langsung mendapatkan respons luas dari para bintang maupun mantan bintang olahraga dunia.

Mulai tenis hingga sepak bola ikut menyampaikan penghormatannya. Termasuk Roland Garros, tempat penyelenggaraan turnamen French Open yang dimenangi Nadal sebanyak 14 kali.

Baca Juga

Berikut komentarnya:

“Karier yang luar biasa, Rafa! Saya selalu berharap hari ini tidak akan pernah datang. Terima kasih atas kenangan yang tak terlupakan dan semua pencapaian luar biasa Anda dalam permainan yang kita cintai. Ini merupakan kehormatan yang mutlak!” — Roger Federer.

“Rafa, satu unggahan tidak cukup untuk mengungkapkan rasa hormat saya kepada Anda dan apa yang telah Anda lakukan untuk olahraga kita. Anda telah menginspirasi jutaan anak untuk mulai bermain tenis dan saya pikir itu mungkin pencapaian terbesar yang dapat diharapkan siapa pun. Kegigihan, dedikasi, semangat juang Anda akan diajarkan selama beberapa dekade. Warisan Anda akan hidup selamanya ... Terima kasih telah mendorong saya hingga batas maksimal berkali-kali dalam persaingan kita yang paling memengaruhi saya sebagai pemain.” — Novak Djokovic di Instagram.

“14 terima kasih untuk jutaan kenangan.” — akun X Roland Garros, tempat Nadal memenangkan rekor 14 French Open.

“Saya sangat beruntung bisa mengenalnya sebagai pribadi, dan dia orang yang luar biasa... Pelajaran yang dia ajarkan kepada kami para pemain muda... bagaimana berperilaku di lapangan, bagaimana menangani situasi di lapangan... untuk tetap rendah hati, tidak berubah seiring dengan keberhasilan." — Jannik Sinner yang menduduki peringkat teratas ranking tenis dunia.

“Sewaktu kecil, saya menonton Andadi televisi dan bermimpi bahwa suatu hari nanti saya akan menjadi pemain tenis yang sangat senang bermain di sampingmu di Roland Garros mewakili Spanyol di Olimpiade! Terima kasih banyak telah menjadi contoh di setiap level. Warisanmu tidak akan tertandingi." — Carlos Alcaraz di X.

“Rafa, sungguh karier yang luar biasa! Dedikasi, gairah, dan bakatmu yang luar biasa telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi saksi kariermu dan dapat menyebutmu sebagai teman. Selamat atas karier yang luar biasa! Nikmati masa pensiunmu!” — Legenda sepak bola Cristiano Ronaldo.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement