Kamis 10 Oct 2024 22:18 WIB

Mabes TNI Benarkan Kabar Militer Indonesia Terluka Akibat Serangan Tentara Israel

Personel TNI yang tergabung dalam pasukan Perdamaian PBB terluka pada bagian kaki.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Prajurit TNI dari Yonif 400 Raider/BR yang tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Kontingen Garuda XXIII-L/UNIFIL berbaris usai mengikuti upacara pelepasan pasukan, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/12).
Foto: ANTARA FOTO
Prajurit TNI dari Yonif 400 Raider/BR yang tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Kontingen Garuda XXIII-L/UNIFIL berbaris usai mengikuti upacara pelepasan pasukan, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Indonesia membenarkan kabar tentang dua personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjadi korban, dan sasaran penembakan oleh pasukan militer Zionis Israel (IDF) di Lebanon, Kamis (10/10/2024). Markas Besar (Mabes) TNI mengabarkan, personel TNI yang tergabung dalam pasukan Perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengalami luka-luka pada bagian kaki.

Namun Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI Mayor Jenderal (Mayjen) Hariyanto mengabarkan, dari laporan yang diterima otoritas militer Indonesia menyebutkan dua prajurit TNI yang berdinas pada UNIFIL itu, saat ini dalam kondisi selamat. Mayjen Hariyanto menerangkan, dari laporan yang diterima Mabes TNI, dikatakan kejadian tersebut terjadi pada Kamis (10/10/2024) sekitar pukul 05:05 waktu setempat. “Peristiwanya terjadi di Tower Pengamat (OP-14) di Naqoura,” begitu kata Mayjen Hariyanto kepada Republika, Kamis (10/10/2024) malam.

Baca Juga

Dikatakan, pada lokasi tersebut, terjadi kontak tembak hebat antara IDF dengan sayap bersenjata pejuang Hizbullah. “Bahwa di lokasi tersebut terjadi aktivitas saling tembak antara IDF dan Hizbullah. Dan ketika itu terdengar ledakan dan luncuran dari kedua pihak,” ujar dia. Dan pada saat terjadi kontak tembak tersebut, alat perang berat berupa Tank Merkava milik serdadu Zionis Israel tampil di seputaran zona perdamaian. “Situasi kontak tembak yang terus terjadi, dan tank Merkava IDF mulai terpantau keberadaannya di seputaran Green Hill,” kata Mayjen Hariyanto.

Dilaporkan, tank merkava IDF tersebut, meluncurkan roket ke arah pos tower pasukan perdamaian. “Rekoset luncuran mengenai tower pengamatan pada OP-14 yang diduduki oleh personel pengamat situasi,” ujar Mayjen Hariyanto. Dari luncuran rekoset itu, kata Mayjen Hariyanto, mengenai personel TNI yang merupakan bagian dari pasukan perdamaian PBB. “Akibat kejadian tersebut personel TNI terkena rekoset. Mengalami luka-luka ringan pada bagian kaki, dan saat ini dalam kondisi normal,” kata Mayjen Hariyanto. Mabes TNI kata Mayjen Hariyanto, memastikan akan terus memantau situasi dan perkembangan keamanan yang terjadi di Lebanon selatan.

photo
Daftar Kejahatan Tentara Israel - (Republika)

Dua nama TNI yang terluka.. baca di halaman selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement