Rabu 09 Oct 2024 09:01 WIB

Video Kedatangan Wapres Maruf Amin di KTT ASEAN ke-44 dan ke-45 di Laos

Wapres Maruf Amin akan mengikuti sejumlah agenda di KTT ASEAN di Laos.

Wapres Maruf Amin dan Ibu Wury Maruf Amin menghadiri KTT ASEAN 2024 dan disambut oleh PM Laos Sonexay Siphandone dan istri.
Foto: Muhammad Hafil / Republika
Wapres Maruf Amin dan Ibu Wury Maruf Amin menghadiri KTT ASEAN 2024 dan disambut oleh PM Laos Sonexay Siphandone dan istri.

REPUBLIKA.CO.ID, VIENTIANE -- Wakil Presiden Maruf Amin dan Ibu Wury Maruf Amin tiba di National Convention Center (NCC) di Viantiane, Laos, Rabu (9/10/2024). Wapres yang memimpin delegasi Indonesia di KTT ASEAN ke-44 dan ke-45 serta KTT terkait lainnya yang berlangsung pada 9-11 Oktober 2024, disambut oleh PM Laos Sonexay Siphandone dan istri.

Wapres tiba pukul 08.30 waktu setempat. Pada agenda hari pertama ini, Wapres akan mengikuti sejumlah agenda. Yakni, Opening ceremony KTT ke-44 dan ke-45 ASEAN, KTT ASEAN ke-44 (plenary session), KTT ASEAN ke-45 (retreat session), ASEAN leaders interface with representatives of ASEAN of interparliamentary assembly (AIPA), ASEAN leaders interface with representatives of ASEAN bussines advisory council (ASEAN BAC), serta ASEAN leaders interface with representatives of ASEAN Youth.

Baca Juga

Berikut video kedatangan Wapres Maruf Amin dan Ibu Wury Maruf Amin (Republika/Muhammad Hafil)

 

KTT ASEAN di Laos akan dibuka secara resmi oleh Presiden Laos Thongloun Sisoulith di National Convention Center (NCC), Vientiane, Laos, pada Rabu (9/10/2024) pagi. KTT ini rencananya akan dihadiri 17 kepala negara/pemerintahan, serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN dan Sekjen PBB.

KTT ASEAN merupakan pertemuan puncak pemimpin ASEAN yang juga sebagai badan pembuatan kebijakan tertinggi di ASEAN. Perdana Menteri Republik Demokratik Rakyat Laos Sonexay Siphandone menerima estafet mandat keketuaan ASEAN dari Presiden Joko Widodo pada penutupan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta pada 7 September 2023 lalu.

Tema keketuaan Laos kali ini adalah "Enhancing Connectivity and Resilience" (Meningkatkan Konektivitas dan Ketahanan). Adapun sektor prioritas yang menjadi fokus pembahasan adalah integrasi ekonomi, mewujudkan masa depan yang inklusif dan berkelanjutan, transformasi digital, peran budaya dan seni ASEAN bagi inklusi dan keberlanjutan, rencana strategis bagi visi masyarakat ASEAN 2045, sentralitas ASEAN, ketahanan perubahan iklim, peran perempuan dan anak dalam transformasi ASEAN, serta ketahanan di bidang kesehatan.

Rangkaian KTT di Laos terdiri dari 15 pertemuan tingkat Leaders terkait ASEAN, termasuk pertemuan ASEAN Plus One, ASAN Plus Three (APT), dan East Asia Summit. Selain itu, terdapat kegiatan lainnya yakni penyelenggaraan the 2nd ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF), yang merupakan inisiatif ASEAN-BAC Indonesia untuk melanjutkan prioritas Indonesia melalui kesuksesan penyelenggaraan AIPF 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement