Selasa 08 Oct 2024 14:41 WIB

Umar Wahid Fokus Jaring Suara Nahdliyin untuk Menangkan Andika di Pilgub Jateng

Umar adalah ketua tim pemenangan Andika-Hendi yang juga merupakan adik Gus Dur.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Mas Alamil Huda
Umar Wahid Hasyim (tiga dari kiri) hadir di Posko Pemenangan Jateng Perkasa di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (7/10/2024).
Foto: Kamran
Umar Wahid Hasyim (tiga dari kiri) hadir di Posko Pemenangan Jateng Perkasa di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (7/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ketua Tim Pemenangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi), Umar Wahid Hasyim, menyatakan siap menjaring suara Nahdlatul Ulama (NU) untuk memenangkan Andika-Hendi dalam Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2024. Umar diketahui merupakan adik tokoh NU yang juga presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Umar untuk pertama kalinya, hadir di Posko Pemenangan 'Jateng Perkasa' di Semarang, Senin (7/10/2024). "Jadi hari ini saya menerima briefing. Kemudian saya berdiskusi dengan teman-teman yang hadir. Saya bergerak nanti di dalam lingkungan Nahdliyin," ungkap Umar dalam konferensi pers Posko Jateng Perkasa yang turut dihadiri Andika dan Hendi.

Baca Juga

Umar menambahkan, dia bersama Andika dan Hendi adalah warga NU nonstruktural. Umar mengisyaratkan bahwa selama masa kampanye Pilgub Jateng, dia mungkin tidak selalu bersama dengan Andika atau Hendi. "Nanti walaupun kelihatannya jalan sendiri-sendiri, tapi tujuannya sama," ujarnya.

Dalam konferensi pers di Posko Pemenangan Jateng Perkasa, Umar pun sempat menceritakan mengapa dia bersedia menjadi Ketua Tim Pemenangan Andika-Hendi. Dia mengungkapkan, tawaran untuk menjadi ketua tim pemenangan disampaikan langsung oleh Andika dua pekan lalu.

"Ketika Pak Andika mengumumkan bahwa saya jadi ketua tim sukses, pertanyaan seperti Anda banyak banget. Umumnya orang kaget, kenapa kok saya jadi ketua tim sukses Pak Andika, Pak Hendi," kata Umar merespons pertanyaan Republika tentang apa pertimbangannya menerima tawaran sebagai ketua Tim Pemenangan Andika-Hendi.

Umar mengungkapkan setidaknya ada alasan mengapa dia menerima tawaran tersebut. "Pertama, saya mengenal Pak Andika. Kita pernah diskusi panjang dan saya merasa ada kecocokan di dalam memandang bagaimana cara membangun negara ini bersama-sama," ucapnya.

Umar menambahkan, alasan kedua adalah, meskipun usianya kini sudah tua, dia tetap ingin memberi kontribusi bagi masyarakat. "Oleh karena itu harus saya perbuat sebagai upaya saya untuk tidak pernah berhenti memikirkan kepentingan rakyat kita. Saya meyakini beliau berdua bisa membawa Jawa Tengah ini ke arah yg lebih baik," ujarnya.

Dalam Pilgub Jateng 2024, pasangan Andika-Hendi hanya diusung PDIP. Mereka bakal menghadapi pasangan yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, yakni Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement