Ahad 29 Sep 2024 06:43 WIB

Guardiola: Manchester City Butuh Solusi Absennya Rodri

Man City ditahan imbang Newcastle 1-1 tanpa kehadiran Rodri yang cedera ACL.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester City Rodri (kiri).
Foto: AP Photo/Scott Heppel
Pemain Manchester City Rodri (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Manchester City harus mencari solusi untuk menggantikan Rodri di lini tengah setelah pemain Spanyol itu absen hingga akhir musim karena cedera. Pelatih Manchester City Pep Guardiola bereksperimen dengan Rico Lewis dan Mateo Kovacic dalam hasil imbang 1-1 melawan Newcastle United. Meski gagal menang, Guardiola tetap memuji keduanya.

Rodri telah menjadi tumpuan City di lini tengah sejak datang pada 2019. Namun pemain berusia 28 tahun itu akan absen hingga akhir musim ini setelah menderita cedera ligamen anterior cruciatum (ACL) di lututnya yang robek dan telah menjalani operasi.

Baca Juga

Laga kontra Newcastle menjadi pertandingan pertama City di liga sejak Rodri absen hingga musim depan karena cedera ACL. Guardiola menurunkan Lewis, bek sayap yang bermain di luar posisinya dan Mateo Kovacic di lini tengah di St. James' Park, dengan Bernardo Silva masuk dari sayap untuk membantu di tengah menjelang akhir pertandingan.

Guardiola mengatakan Lewis dan Kovacic yang berusia 19 tahun tampil "luar biasa" dan menambahkan bahwa ia tidak dapat memainkan Bernardo Silva dalam peran yang lebih dalam.

"Teman-teman, saya akan memberi tahu Anda, saya tahu Anda akan terus bertanya kepada saya tentu saja Anda akan merindukan Rodri, fisiknya, kehadirannya. Saya tahu," kata Guardiola, yang menggambarkan rekan senegaranya dari Spanyol itu sebagai sosok "tak tergantikan" pekan ini.

"Tetapi ia (Rodri) tidak ada di sana. Kova, Bernardo, Rico bermain dengan baik, tetapi saya harus menemukan solusi. Saya ingin Rodri berada di sini," kata Guardiola.

"Saya melihat tim saya dan mengenali mereka dengan sempurna. Kami memiliki peluang untuk mencetak gol dan di lini tengah kami kuat. Masalahnya adalah bola di belakang."

"Tetapi terkadang itu terjadi dan Anda harus beradaptasi. Kami memiliki peluang untuk mencetak gol, tetapi ini adalah stadion mereka dan mereka memiliki peluang untuk mencetak gol, jadi saya senang (dengan satu poin)."

Bek sayap Josko Gvardiol membuka skor untuk City dengan gerakan dan keterampilan yang luar biasa di St. James' Park. Guardiola mengatakan dia tidak menyadari bahwa dia memiliki pencetak gol yang hebat saat merekrut pemain Kroasia itu, yang kini telah mencetak gol kelimanya tahun ini.

"Di ruang sempit dia sangat bagus, terutama di tengah, dia memiliki kemampuan untuk berputar dan penyelesaian (yang bagus). Dia sangat, sangat bagus, tetapi tidak, saya tidak mengandalkan (keterampilan mencetak golnya)," kata Guardiola merujuk kepada posisi Gvardiol sebagai pemain bertahan.

Striker Erling Haaland gagal mencetak gol untuk pertama kalinya musim ini setelah mencetak 10 gol dalam lima pertandingan pertamanya. Penyerang Norwegia itu terlihat berdarah di pergelangan kaki kirinya dengan kaus kakinya yang juga robek setelah mengalami beberapa benturan.

Ketika ditanya tentang cedera Haaland, Guardiola memberikan penjelasan singkat, dengan mengatakan,"Ya, inilah Liga Primer." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement