Jumat 27 Sep 2024 17:38 WIB

Bangkitkan Semangat Berprestasi, HIMASATA UNM Ajak Maba Cari Modal Penting Berkompetisi

PKKMB UNM merupakan serangkaian kegiatan menarik.

Dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan dan industri, semangat untuk terus berprestasi menjadi modal penting bagi mahasiswa.
Foto: UNM
Dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan dan industri, semangat untuk terus berprestasi menjadi modal penting bagi mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan dan industri, semangat untuk terus berprestasi menjadi modal penting bagi mahasiswa. Sebagai generasi muda yang siap berkompetisi di era digital, mahasiswa dituntut tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga terus mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan yang mendukung kompetensi mereka. Dengan semangat ini, Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024, yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu pada 21-22 September 2024, di UNM kampus Margonda, Depok.

PKKMB UNM merupakan serangkaian kegiatan menarik, termasuk Masa Orientasi Kampus (MOKA), Seminar Inspirasi (SERASI), dan acara Extravaganza. Sebagai bagian dari acara Extravaganza, Himpunan Mahasiswa Sains Data (HIMASATA) hadir melalui booth yang siap memberikan inspirasi serta informasi kepada mahasiswa baru (maba) tentang program kerja dan kegiatan HIMASATA.

Baca Juga

Tati Mardiana, Kaprodi Sains Data UNM, dalam rilisnya menyampaikan apresiasi terhadap HIMASATA yang telah berperan aktif dalam mendukung pengembangan kemampuan mahasiswa.

“HIMASATA merupakan wadah bagi mahasiswa Prodi Sains Data untuk mengembangkan kemampuan mereka di luar kelas. Melalui kegiatan yang berbasis data science, penelitian, dan magang, HIMASATA memberikan banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek nyata dan meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja,” ungkap Tati dalam rilis yang diterima, Jumat (27/9/2024).

Ia juga menyoroti prestasi yang telah diraih oleh HIMASATA dalam beberapa tahun terakhir.

“HIMASATA telah menunjukkan prestasi gemilang dalam berbagai kompetisi dan kegiatan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ini adalah bukti nyata dari semangat kolaborasi dan inovasi yang ditanamkan di HIMASATA, serta dukungan penuh dari Prodi Sains Data,” tambahnya.

Dengan kehadiran HIMASATA di PKKMB 2024, ungkap Tati diharapkan semakin banyak maba yang terinspirasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi dan terus mengembangkan kemampuan mereka di bidang data science.

“HIMASATA siap menjadi mitra bagi mahasiswa Prodi Sains Data dalam mengembangkan potensi akademik dan non-akademik serta meraih prestasi di masa depan,” tegasnya.

Sementara itu, Kanaya Salsabila, Ketua HIMASATA UNM, menjelaskan tentang kegiatan yang dilakukan HIMASATA dan mengajak mahasiswa baru Prodi Sains Data untuk bergabung.

“HIMASATA tidak hanya menjadi tempat untuk belajar dan berkembang dalam dunia data science, tetapi juga wadah untuk berkolaborasi dan berinovasi bersama. HIMASATA memiliki berbagai program kerja, mulai dari workshop, pelatihan data science, hingga kompetisi yang semuanya dirancang untuk mendukung pengembangan keterampilan mahasiswa di bidang data. Kami mengajak seluruh mahasiswa baru untuk bergabung di HIMASATA dan bersama-sama mengukir prestasi,” ujar Kanaya.

Booth HIMASATA di PKKMB 2024 juga menghadirkan berbagai aktivitas menarik, termasuk permainan interaktif. Abira Wisnunggal, koordinator booth HIMASATA, mengungkapkan konsep booth mereka yang interaktif dan menyenangkan.

“Di booth HIMASATA, kami tidak hanya memberikan informasi tentang organisasi, tetapi juga menawarkan permainan 'Pick Your Gift' dengan hadiah eksklusif dari HIMASATA. Melalui permainan ini, kami ingin membuat pengalaman di booth kami lebih berkesan dan menyenangkan bagi para pengunjung,” jelas Abira.

Pada kesempatan ini, Kaila Laudy Apriani, salah satu mahasiswa baru Prodi Sains Data yang berkunjung ke booth HIMASATA, menyampaikan kesannya, saya sangat terkesan dengan booth HIMASATA.

“Konsepnya sangat menarik, dan informasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami yang baru bergabung di Prodi Sains Data. Saya berharap bisa bergabung dengan HIMASATA dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang mereka selenggarakan. Melalui HIMASATA, saya yakin bisa belajar lebih banyak tentang data science dan meraih prestasi,” ujar Kaila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement