Selasa 24 Sep 2024 18:29 WIB

Misteri Keberadaan Welber Jardim Usai Sao Paulo Beri Izin dan PSSI Belikan Tiket Pesawat

Welber Jardim tak kunjung tiba di Indonesia untuk gabung Indonesia U-20.

Welber Jardim
Foto: Dok PSSI
Welber Jardim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu penggawa timnas U-20 Indonesia, Welber Jardim akhirnya tak diikutsertakan oleh pelatih Indra Sjafri ke dalam 23 skuad pilihannya untuk kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Dalam jumpa pers di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (24/9/2024), Indra menjelaskan sebenarnya Welber sebenarnya masuk dalam daftar skuadnya.

Menurut Indra, Sao Paulo sebagai klub Welber, sudah melepas sang pemain. Pihak timnas pun juga sudah membelikan tiket untuk Welber ke Indonesia.

Baca Juga

Namun, di detik-detik akhir pendaftaran, pemain 17 tahun itu tak kunjung datang ke Indonesia. "Welber kemarin saya jelaskan di latihan sore. Secara prinsip klub Welber sudah melepas dia untuk bergabung dengan timnas, tiket pun sudah kita berikan, tetapi sampai detik-detik terakhir pendaftaran dia tidak datang," kata Indra.

Meski demikian, Indra tidak ingin berlarut-larut menyikapi salah satu pemain intinya tersebut absen. Hal ini dikarenakan timnya tak ingin tergantung pada satu pemain.

"Bagi saya tim pelatih, ini kan tim usia muda. Kita tidak mau bergantung pada satu-dua pemain. Karena kalau Welber tidak ada, pemain lain harus ada penggantinya," tutupnya.

Terkait apakah dengan ini Welber masih akan dipanggil lagi, Indra masih akan mempertimbangkan. "Apakah Welber dipanggil lagi nanti, kalau izin Allah kita lolos, kita pertimbangkan".

Adapun terkait dicoretnya nama Arkhan Kaka dari skuadnya, Indra Sjafri menjelaskan, hal itu adalah kesepakatan tim kepelatihan. Tim kepelatihan hanya membutuhkan dua striker dan pilihannya jatuh kepada Jens Raven dan Muhammad Ragil. Nasib yang sama juga dialami Ousmane Camara.

"Striker juga ada empat orang, Jens Raven kelahiran 2005, Ragil kelahiran 2005, Ousmane kelahiran 2007, dan Kaka kelahiran 2007," kata Indra.

"Saya diskusi dengan tim, menganalisis, kumpulkan semua data, akhirnya kita putuskan kita beri kesempatan yang kelahiran 2005, Karena untuk 2007 itu masih bisa di next U-19 yang akan datang," lanjutnya.

Terkait apakah Kaka akan dipanggil lagi setelah kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Indra mengatakan akan melihat dulu perkembangan sang pemain. "Kita lihat perkembangan pemain itu. Karena pemain itu kan besarnya di klub, kita lihat perkembangannya," tutupnya.

Kaka sendiri merupakan bagian skuad Indra saat timnas menjuarai Piala AFF U-19 2024 dan juga saat mengikuti Seoul Earth On Us Cup 2024. Pemain 17 tahun itu juga merupakan bagian skuad timnas U-20 yang melakoni pemusatan latihan di Bali untuk kualifikasi Piala Asia U-20 2025 saat masih berjumlah 30 pemain.

photo
Komik Republika Si Calus TIMNAS - (Daan Yahya/Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement