Jumat 13 Sep 2024 21:58 WIB

Menlu ke Depan Dinilai Mesti Sosok Andal Paham Pola Pikir Prabowo

Nama Sugiono disebut menjadi salah satu kandidat penerus Retno P Marsudi.

Prabowo Subianto
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mengatakan bahwa sosok Menteri Luar Negeri (Menlu) yang akan menggantikan Retno Marsudi harus merupakan diplomat andal dan memahami pola pikir presiden selanjutnya, Prabowo Subianto.

Menurut dia, seorang Menteri Luar Negeri bakal menjadi wajah bangsa Indonesia di panggung internasional. Oleh karena itu, dia yakin Prabowo akan memilih sosok terbaik untuk menjadi menteri tersebut.

Baca Juga

"Sehari-hari bisa berbicara sesuai dengan kehendak beliau, menguasai semua masalah substantif di Indonesia," kata Dave di Jakarta, Jumat.

Saat ini nama Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono diisukan bakal mengisi jabatan itu. Sinyal bahwa Sugiono akan mengisi kursi Menlu makin kuat tatkala yang bersangkutan memimpin jalannya rapat terakhir Komisi I DPR bersama Menlu Retno Marsudi pada hari Kamis (12/9).

Dave mengatakan bahwa pimpinan Komisi I DPR RI itu pun bisa saja menjadi suksesor Retno Marsudi. Namun, yang jelas semua kepastian akan dilakukan oleh Prabowo ketika menunjuk nama-nama menteri.

Di samping itu, kata dia, kader partai politik yang menjadi menteri bukan berarti tidak profesional karena kader-kader partai politik juga berasal dari berbagai macam sektor.

"Jadi, kalau kekhawatiran bahwa nanti terlalu banyak dominan oleh orang dari partai, bukan berarti orang dari partai itu tidak mampu," kata Dave.

Saat ini sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo ramai-ramai menyampaikan perpisahan ketika rapat kerja bersama DPR RI di komisi mitranya masing-masing.

Kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 2019—2024 akan berakhir pada tanggal 20 Oktober 2024 bersamaan dengan pelantikan pasangan calon terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement