Jumat 13 Sep 2024 09:57 WIB

Hadiri Kalteng Bershalawat, Gubernur dan Wagub Ungkap Pencapaian Kalteng

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum penting bagi umat Islam.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran  bersama Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri Kalteng Bershalawat yang digelar di Stadion Panunjung Tarung, Kuala Kapuas, Kamis (12/9/2024) malam.
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri Kalteng Bershalawat yang digelar di Stadion Panunjung Tarung, Kuala Kapuas, Kamis (12/9/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, KAPUAS -- Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran  bersama Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri Kalteng Bershalawat yang digelar di Stadion Panunjung Tarung, Kuala Kapuas, Kamis (12/9/2024) malam. Kalteng Bershalawat digelar Pemprov Kalteng dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H.

Mengawali sambutannya, Wakil Gubernur Edy Pratowo mengatakan sejak Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melaksanakan tugas dan amanah dari masyarakat Kalteng, sejak periode kedua ia mendampingi Gubernur dari Tahun 2021 sampai dengan Tahun 2024, banyak sekali hal-hal yang sudah diraih oleh Gubernur Kalteng.

Baca Juga

“PAD saat saya mendampingi periode kedua beliau masih mencapai RP 5,3 Triliun, kemaren Pemprov Kalteng dan DPRD Kalteng telah menetapkan APBD Perubahan mencapai RP 10,2 Triliun. Angka ini kenaikannya hampir mencapai 100 persen dan kenaikan ini kita gunakan salah satunya untuk kegiatan Kalteng Bershalawat,” ungkapnya dalam siaran pers.

Dalam sisi pembangunan, Wagub mengungkapkan Gubernur Kalteng didukung oleh masyarakat Kalteng telah banyak menorehkan hasil pembangunan yakni terkait bidang pendidikan, Pemprov Kalteng telah menyediakan 10 ribu calon putera dan putera yang lulus sederajat untuk melanjutkan di Perguruan Tinggi yang ada di Kalimantan Tengah secara gratis.

Kemudian juga disediakan beasiswa Berkah untuk 20 ribu mahasiswa dengan nilai 7,5 juta rupiah pertahun dan rencananya akan ditingkatkan sampai 15 juta rupiah. Kemudian juga diberikan kepada mahasiswa atau mahasiswi yang berwirausaha untuk mengembangkan usahanya dengan diberikan bantuan sebesar 1 juta sampai dengan 3 juta rupiah.

“Hari Ini sekaligus menjadi rangkaian Gebyar UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dibarengi dengan Kalteng Bershalawat, pasar murah, pasar penyeimbang dan lainnya sebagai bentuk nyata pembangunan yang telah dilaksanakan,” tutur Wagub.

photo
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri Kalteng Bershalawat yang digelar di Stadion Panunjung Tarung, Kuala Kapuas, Kamis (12/9/2024) malam. - (Pemprov Kalteng)

Lebih lanjut disampaikan, di bidang infrastruktur baik jalan dan jembatan yang dibangun. “Sekarang kondisi jalan-jalan Provinsi Kalteng pada posisi jalan mantap termasuk jalan-jalan di kabupaten sudah mantap dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Senada disampaikan Wagub, Gubernur Sugianto Sabran berharap kedepannya pembangunan yang telah dilakukan di Kalteng dapat dilanjutkan termasuk kegiatan Kalteng Bershalawat. Sugianto Sabran menyampaikan

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mengajak kita semua, untuk meneladani sifat Rasulullah SAW, dan menerapkan sikap perilaku dan akhlak beliau dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tutur Gubernur.

Sugianto berharap melalui acara Kalteng Bershalawat malam dapat mempererat tali silaturahmi, memperkuat ukhuwah Islamiyah, serta menambah kecintaan kepada Baginda Rasulullah SAW. “Melalui kegiatan ini juga, semoga kita semua semakin terpacu untuk mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, guna membangun Kalimantan Tengah Makin BERKAH dan Indonesia Maju, Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur,” pungkasnya.

Kalteng Bershalawat dihadiri Al Mukarram Habib Ali Zainal Abidin Assegaf sekaligus memimpin melantunkan shalawat teruntuk junjungan Nabi Muhammad SAW, serta memunajatkan doa agar Prov. Kalteng dan Negara Indonesia senantiasa dilimpahkan perlindungan dan keberkahan. Kehadiran Al Mukarram Habib Ali Zainal Abidin Assegaf di Kalteng saat ini merupakan keempat kalinya yakni pada rangkaian Kalteng Bershalawat di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Hadir juga Al Mukarram Habib Ahmad Al Habsyi yang memberikan tausiyah dan pencerahan. Dalam tausiyahnya, Al Mukarram Habib Ahmad Al Habsyi mengingatkan mencintai Nabi SAW pada prinsipnya harus ditujukan hanya semata-mata untuk meraih keridhaan Allah SWT. Karena boleh jadi, selama ini kita masih kurang dalam mencintai Nabi Muhammad SAW dan belum sepenuhnya dapat melaksanakan apa-apa yang diperintahkannya. Padahal, dengan mencintai Nabi Muhammad SAW, merupakan satu jalan bagi kita untuk dapat meraih ridha Allah SWT yang kemudian berujung dengan diampuninya segala dosa dan kesalahan.

“Bagi orang yang ingin imannya sempurna, ia harus meningkatkan rasa kecintaannya kepada Nabi Muhammad SAW melebihi dari cintanya kepada apapun di muka bumi ini. Untuk mendapatkan cinta yang sempurna kepada Nabi Muhammad SAW butuh perjuangan,” ucapnya.

“Kalau kita cinta Nabi Muhammad SAW apa manfaatnya? Seseorang kelak akan dikumpulkan dengan orang yang ia cintai, kalau yang kita cintai Nabi Muhammad SAW maka ada kesempatan kita akan kumpul dengan beliau di surganya Allah SWT,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kapuas H. Darliansjah berharap kegiatan tersebut bukan sekedar menjadi sebuah seremonial namun mampu menumbuhkan kebersamaan, cinta kasih antar sesama khususnya di Kabupaten Kapuas dan Provinsi Kalteng pada umumnya.

“Kami masyarakat Kabupaten Kapuas merasa sangat terhormat dengan kehadiran Bapak Gubernur yang senantiasa memberikan dukungan penuh pada acara keagamaan sepeti malam ini," kata Pj Bupati Kapuas.

“Saya juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini walaupun persiapan kegiatan Kalteng Bershalawat relatif singkat namun berkat dukungan seluruh masyarakat Kapuas dan berkat seluruh pemangku kepentingan, Alhamdulilah Kalteng Bershalawat dihadiri 15 ribu masyarakat Kapuas," ujarnya.

Kalteng Bershalawat dihadiri Anggota Forkopimda Provinsi Kalteng, Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Anggota Forkopimda dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas, Bupati/ Pj Bupati/ Pj Wali kota se-Kalteng, Para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, dan Pimpinan Ormas Islam, Pimpinan Perguruan Tinggi, Perbankan, BUMN/BUMD serta Seluruh Masyarakat Kapuas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement