Senin 09 Sep 2024 08:30 WIB

Masuk Gaza, Tim Nakes TNI Rawat Korban di RS Lapangan UAE

Sebanyak 10 nakes TNI dari tiga matra merawat warga yang terluka di Rafah, Jalur Gaza

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Tim tenaga kesehatan TNI merawat warga di wilayah Rafah, Jalur Gaza, Palestina.
Foto: Republika.co.id
Tim tenaga kesehatan TNI merawat warga di wilayah Rafah, Jalur Gaza, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 10 tenaga kesehatan (nakes) dari tiga matra TNI masuk ke wilayah Rafah, Jalur Gaza, Palestina. Mereka bertugas merawat para pengungsi dan korban dari militer Israel di RS lapangan yang dioperasikan oleh Uni Emirat Arab (UAE).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI, Brigjen Edwin Adrian Sumantha menjelaskan, tim dari Satgas Tenaga Kesehatan TNI untuk Gaza itu tiba di Rafah pada Sabtu (7/9/2024). "Kehadiran tenaga kesehatan TNI untuk Gaza menjadi bukti nyata komitmen Indonesia dalam mendukung misi kemanusiaan bagi rakyat Palestina," kata Edwin di Jakarta, Ahad (8/9/2024).

Baca: Super Garuda Shield 2024 di Puslatpur 5 Marinir Juga Diisi Baksos

Di RS Lapangan milik UAE di Rafah, tim tenaga kesehatan dari Indonesia itu memulai kegiatan dengan laporan pagi. Kemudian, para dokter visitasi pasien, sementara paramedis dan perawat mengerjakan tugasnya sesuai bidang masing-masing.

"Para korban luka dan yang menderita berbagai penyakit mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan lengkap sehingga mereka segera tertolong dan dapat segera pulih," kata Edwin.

Baca: Panglima Angkatan Bersenjata UEA Kunjungi KRI RJW-992 Produksi PT PAL 

Pemerintah Indonesia memberangkatkan 25 nakes militer dari Jakarta ke El Arish, Mesir, pada pekan kedua Agustus 2024. Rombongan itu dipimpin oleh Kolonel Ckm dr Adry Pasmawi, yang sehari-hari berdinas di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Dari 25 orang itu, 10 di antaranya dikirim ke Rafah, setelah hasil peninjauan di lapangan menunjukkan situasi di lokasi aman untuk tenaga kesehatan Indonesia. Tim tersebut bakal bertugas selama maksimal sebulan di Rafah, kemudian dirotasi dengan mereka yang saat ini bertugas di kapal rumah sakit milik UAE di Pelabuhan El Arish, Mesir.

Di kapal RS/RS Terapung, ada 24 tenaga kesehatan TNI yang membantu merawat pasien bersama dokter-dokter dari UAE. Dari 24 orang itu, sembilan di antaranya tiba di El Arish, Sabtu (7/9). Kedatangan gelombang kedua tim nakes TNI ke El Arish itu dipimpin oleh dr. Leksmana.

Baca: Plt Sekjen Kemenhan Beri Penghargaan Komandan Operasi Gabungan UEA 

"RS UAE di Palestina dan di El Arish, Mesir, telah melayani pasien sejumlah 48.704 orang, termasuk melaksanakan 1.780 operasi," kata Edin.

El Arish di Sinai, Mesir, merupakan salah satu titik tempat berkumpulnya bantuan dari berbagai negara di dunia untuk rakyat Palestina korban pembantaian militer Israel di Gaza. Jarak antara El Arish dan Rafah. daerah di Gaza yang berbatasan langsung dengan Sinai, Mesir, mencapai 40 kilometer lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement