Senin 26 Aug 2024 13:28 WIB

PDIP akan Umumkan Andika Perkasa Sebagai Cagub Jateng, Siapa Cawagubnya?

Pencaguban Andika Perkasa akan diumumkan langsung oleh Megawati Soekarnoputri.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Mantan panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa berbaju PDIP dalam Rakernas V PDIP, di Beach City International Stadium, Jakarta, Jumat (24/5/2024). Andika akan diusung PDIP di Pilgub Jateng.
Foto: Tangkapan Layar
Mantan panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa berbaju PDIP dalam Rakernas V PDIP, di Beach City International Stadium, Jakarta, Jumat (24/5/2024). Andika akan diusung PDIP di Pilgub Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama mantan panglima TNI Andika Perkasa akan diusung oleh PDI Perjuangan untuk Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengatakan, pencaguban Andika Perkasa akan diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri.

"Jateng, Pak Andika berlayar sesuai usulan yang sudah disampaikan berkali-kali," begitu kata Hendrawan lewat pesan singkatnya, Senin (26/8/2024). Adalah Bambang Pacul, ungkap Hendrawan, yang menjadi kader internal yang keras meyakinkan DPP PDI Perjuangan untuk menyokong Andika di Pilkada Jateng.

Baca Juga

Terkait sosok calon wakil gubernur (cawagub) Jateng yang akan mendampingi Andika, elite PDIP masih rapat menutup informasinya. Namun berembus kencang, sosok yang akan mendampingi Andika di Pilgub Jateng adalah Hendrar Prihadi. Hendrar merupakan mantan wali kota Semarang yang tak lain merupakan kader banteng.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri akan mengumumkan gelombang ketiga para calon kepala daerah (cakada) untuk Pilkada 2024 pada hari ini. Beberapa nama yang akan diumumkan Senin (26/8/2024) adalah untuk pilkada Jateng. Dikabarkan pula Megawati, akan mengumkan pasangan calon gubernur (cagub) dan cawagub Anies Baswedan-Rano Karno untuk pilkada DKI Jakarta.

Megawati tiba di kantor DPP PDIP, Menteng, Senin (26/8/2024), menjelang pengumuman calon kepala daerah gelombang ketiga. Megawati tiba pukul 11.30 WIB bersama putranya yang juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Eriko Sotarduga.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyambut kedatangan Megawati. Megawati pun diajak menuju ruang lantai 3. Saat ini terlihat para calon kepala daerah sudah tiba di kantor DPP menjelang pengumuman calon kepala daerah (cakada) tahap ketiga.

Sebagai informasi, PDIP telah mengumumkan 305 bakal calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada 2024 saat pengumuman gelombang pertama tanggal 14 Agustus. Kemudian, mengumumkan 169 bakal calon kepala daerah dari PDIP pada gelombang kedua tanggal 22 Agustus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement