Ahad 25 Aug 2024 22:00 WIB

Sepuluh Maskapai Asing Batalkan Penerbangan ke Israel

Sejak akhir Juli, sebanyak 20 maskapai telah membatalkan penerbangan ke Tel Aviv.

Warga Israel di Bandara Ben Gurion dekat Tel Aviv, Israel.
Foto: Ariel Schalit/AP Photo
Warga Israel di Bandara Ben Gurion dekat Tel Aviv, Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Sepuluh maskapai asing membatalkan penerbangan ke Israel pada Minggu di tengah peningkatan ketegangan lintas batas dengan kelompok Hizbullah Lebanon. Menurut lembaga penyiaran publik Israel, KAN, maskapai penerbangan yang telah menghentikan operasi di Israel mencakup penerbangan besar seperti Air France dan Dutch Transavia.

Maskapai lainnya yang membatalkan penerbangan adalah Hungarian Wizz Air, Corendon yang berbasis di Malta, Ethiopian Airlines, Greek Aegean Airlines, serta Greek Universal Airlines. Air France, yang membatalkan penerbangan antara Paris dan Tel Aviv, merupakan salah satu dari sedikit maskapai internasional besar yang masih beroperasi di Israel. Sejak akhir Juli, sebanyak 20 maskapai internasional telah membatalkan penerbangan ke Israel karena peningkatan kekhawatiran akan potensi perang regional di Timur Tengah.

Baca Juga

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Minggu pagi melancarkan lebih dari 40 serangan udara di Lebanon selatan. Gempuran itu merupakan yang paling parah sejak aksi saling serang lintas batas dengan Hizbullah dimulai pada 8 Oktober 2023. Tentara Israel mengeklaim bahwa gempuran itu dilancarkan untuk mencegah Hizbullah melakukan serangan.

Sementara itu, Hizbullah mengatakan pihaknya telah meluncurkan ratusan rudal dan drone ke Israel sebagai tahap pertama pembalasan atas pembunuhan komandan mereka Fouad Shukr di Beirut pada Juli. Sejak 8 Oktober 2023, Hizbullah Lebanon dan tentara Israel baku tembak setiap hari di sepanjang Garis Biru hingga menimbulkan ratusan korban -- sebagian besar di pihak Lebanon.

Peningkatan ketegangan terjadi di tengah perang Gaza. Di wilayah itu Israel telah membunuh lebih dari 40.e00 warga Palestina sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023. Gempuran militer Israel telah menghancurkan sebagian besar wilayah itu serta menyebabkan sebagian besar masyarakat kehilangan tempat tinggal, kelaparan, dan rentan terhadap penyakit. 

sumber : Antara, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement