Senin 19 Aug 2024 23:02 WIB

Gubernur Kalteng: Wujudkan Nilai Kebangsaan dan Keagamaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia tahun ini hendaknya menjadi momentum penting.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran memberikan pengantar dalam acara Kalteng Bersholawat Ahad (18/8/2024).
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran memberikan pengantar dalam acara Kalteng Bersholawat Ahad (18/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA – Perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia tahun ini hendaknya menjadi momentum penting untuk kita semua, selain sebagai peringatan kemerdekaan bangsa, juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan perjalanan panjang negara kita, mengenang perjuangan para pahlawan, dan memperkuat tekad kita untuk membangun bangsa yang lebih baik.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran pada acara Kalteng Bershalawat, yang dipusatkan di area Istana Isen Mulang (IIM) Palangka Raya, Ahad (18/8/2024) malam. Acara tersebut digelar Pemerintah Provinsi Kalteng dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI.

Baca Juga

Mengawali sambutannya Gubernur mengatakan, majelis Kalteng Bersholawat ini sebagai salah satu bentuk syukur atas semua nikmat yang telah Allah berikan kepada bangsa dan negara, khususnya daerah dan masyarakat Kalimantan Tengah.

“Mengingat Bumi Pertiwi yang kini berusia 79 tahun, dengan berbagai kemajuan pembangunan yang ada, hal tersebut tidak lepas dari jasa, jerih payah, dan perjuangan para pendahulu kita,” ucapnya melalui keterangan tertulis, Senin (19/8/2024).

Selanjutnya, menjadi harapan kita bersama, Kalteng Bershalawat ini dapat mempererat tali silaturahmi, memperkuat ukhuwah Islamiyah, serta menambah kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.

Melalui kegiatan ini, semoga kita semua semakin terpacu untuk mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, guna membangun Kalimantan Tengah Makin BERKAH dan Indonesia Maju, Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur.

“Pada malam ini kita resapi lantunan shalawat yang akan dipimpin Al Mukarram Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, berkenan memimpin kami dalam melantunkan shalawat teruntuk junjungan kita Nabi Muhammad SAW, serta memunajatkan doa agar Provinsi Kalimantan Tengah dan Negara Indonesia senantiasa dilimpahkan perlindungan dan keberkahan," kata Gubernur.

“Kita juga akan memperoleh pencerahan yang akan disampaikan oleh Al Habib Ahmad Al Habsyi, untuk nantinya dapat memberikan tausiyah dan pencerahan kepada kita semua, semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT,” tutupnya.

photo
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran memberikan pengantar dalam acara Kalteng Bersholawat Ahad (18/8/2024). - (Pemprov Kalteng)

Lantunan shalawat yang dipimpin oleh Habib Ali Zainal Abidin Assegaf tersebut diiringi oleh Hadrah Az-Zahir dari Pekalongan, setelah itu dilanjutkan dengan mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Habib Ahmad Al Habsyi.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Wagub Kalteng H. Edy Pratowo, Wakil Ketua DPRD Kalteng H. Abdul Razak, Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Forkopimda, Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin, Ketua MUI Kalteng Khairil Anwar, Pj. Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Pj. Bupati Kapuas Darliansjah, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov. Kalteng, dan masyarakat Kota Palangka Raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement