Selasa 20 Aug 2024 05:05 WIB

KIM Ingin Prabowo Dua Periode, Fahri Hamzah Ingatkan Ridwan Kamil Begini Soal Pilpres 2029

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono resmi dideklarasikan sebagai cagub-cawagub Jakarta.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Ridwan Kamil dan Suswono berfoto usai deklarasi bakal cagub-cawagub Jakarta, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ridwan Kamil dan Suswono berfoto usai deklarasi bakal cagub-cawagub Jakarta, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Partai Gelora mengingatkan Ridwan Kamil (Emil) tak berambisi politik yang lebih jika dipercaya masyarakat menang dalam Pilkada Jakarta 2024. Wakil Ketua Umum Gelora Fahri Hamzah menegaskan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) menghendaki agar Prabowo Subianto menjadi presiden selama dua periode, yakni 2024-2029 dan berlanjut pada 2029-2034.

Karena itu, kata Fahri, agar Emil tak menjadikan posisinya sebagai gubernur Jakarta kelak, sekadar sebagai batu loncatan untuk menjadi pesaing di level kepemimpinan nasional. Dengan kata lain, Emil tak ikut berkontestasi di Pilpres 2029.

Baca Juga

“Kepada Pak Ridwan Kamil, saya ingin mengatakan jujur di forum ini, karena bisa jadi ada godaan yang kuat untuk mengambil celah. Kami terus terang di koalisi (KIM) menginginkan agar Pak Prabowo memimpin kita selama dua periode,” begitu kata Fahri saat mengikuti deklarasi pencaguban Emil-Suswono, di Jakarta, Senin (19/8/2024).

Partai Gelora merupakan anggota KIM Plus, koalisi 12 partai politik yang mencalonkan Emil dan Suswono sebagai cagub-cawagub Pilkada Jakarta 2024. Fahri mengatakan, kawin politik Emil dan Suswono merupakan bagian dari rekonsiliasi dari kontestasi politik nasional yang selama ini menyajikan rivalitas keras.

Emil adalah politikus Partai Golkar. Sedangkan Suswono merupakan kader dari PKS. Sementara inisiator pasangan tersebut adalah dari Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo. Prabowo merupakan presiden terpilih 2024 yang didukung Golkar, namun tak didukung PKS dalam Pilpres 2024 lalu.

photo
Infografis Isyarat Perjalanan Ridwan Kamil Bergabung Golkar - (Republika.co.id)

Gubernur perpanjangan tangan presiden.. baca di halaman selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement