Rabu 14 Aug 2024 11:46 WIB

Mengenal Kuliah S3 yang Bakal Dapat Gelar Bergensi dan Jadi Seorang Ahli

Program Doktoral atau kuliah S3 menjadi tahap pendidikan tinggi yang mendalam.

Program Doktoral atau kuliah S3 menjadi tahap pendidikan tinggi yang mendalam dan sangat spesifik.
Foto: UNM
Program Doktoral atau kuliah S3 menjadi tahap pendidikan tinggi yang mendalam dan sangat spesifik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kuliah S3 dan lakukan penelitian sesuai bidang yang diinginkan tentu menjadi dambaan. Lulus kuliah S3 dapat gelar Doktor, tentu ini menjadi gelar yang bergengsi sebab menjadi seorang ahli dalam bidang yang ditekuni. Untuk mendapatkan gelar Doktor tentu saja tidak mudah karena membutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan tentu saja uang tidak sedikit.

Program Doktoral atau kuliah S3 menjadi tahap pendidikan tinggi yang mendalam dan sangat spesifik. Tujuan dari kuliah S3 untuk menghasilkan peneliti, akademisi, atau ahli di bidang tertentu. Program ini biasanya melibatkan:

Baca Juga

1. Penelitian Mendalam: S3 lebih fokus pada penelitian independen dan kontribusi baru pada bidang studi tertentu. Dengan kuliah S3 diharapkan dapat menghasilkan disertasi atau tesis yang memajukan pengetahuan dalam topik yang diteliti.

2. Kurikulum: Di awal program, mahasiswa S3 mungkin akan mengikuti beberapa mata kuliah lanjutan atau seminar. Ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang yang diminati.

3. Bimbingan: Mahasiswa S3 akan dibimbing oleh seorang pembimbing atau dosen pembimbing yang akan membantu dalam penelitian dan perkembangan disertasi.

4. Publikasi: Banyak program S3 mengharapkan mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal akademik atau konferensi sebagai bagian dari proses penyelesaian.

5. Pertahanan Disertasi: Sebagai bagian dari akhir program, mahasiswa S3 harus mempresentasikan dan mempertahankan disertasi di depan panel penguji.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi kuliah S3, yaitu 1 – 3 tahun tergantung dari mahasiswa itu sendiri. Jika mahasiswanya rajin dan pintar, tentu kuliahnya bisa dirampungkan dengan cepat. Namun jika mahasiswanya sibuk dengan urusan pekerjaan di luar kuliah atau sejenisnya, tentu waktu yang dibutuhkannya lebih lama. Batas penyelesaian kuliah harus selesai sampai semester 10 atau setidaknya sudah menempuh perkuliahan selama 5 tahun.

Keuntungan yang diperoleh jika anda melanjutkan kuliah S3:

1. Mampu meningkatkan kualitas diri dan memberikan konsultasi dalam melakukan sebuah penelitian.

2. Relasi yang dibangun akan semakin luas. Tidak hanya itu, jaringan kerja yang terdiri dari peneliti internasional dan konsultan. Rata-rata jenjang Pendidikan mereka sangat tinggi.

3. Tingkat Pendidikan yang tinggi, membuat masyarakat lebih mempercayai gagasan yang disampaikan.

Bagaimana tertarik untuk melanjutkan pendidikan tingkat Doktoral? Ayo kuliah S3 hanya di Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) pada program studi Informatika. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka laman https://nusamandiri.info/.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement