Kamis 08 Aug 2024 15:05 WIB

Biaya HUT ke-79 RI Membengkak, Istana: Kegiatannya di Dua Kota

Heru mengaku, tak hapal persis rincian biaya yang digunakan untuk perayaan HUT RI.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.
Foto: Antara/Siti Nurhaliza
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono buka suara soal penyebab biaya Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang lebih besar daripada tahun sebelumnya. Dia menyatakan, biaya itu bertambah karena pelaksanaan HUT RI 2024 dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta.

Heru mengaku, tak hapal persis rincian biaya yang digunakan untuk perayaan HUT RI tahun ini. Dia juga tak mau membandingkan dengan biaya yang digunakan untuk pelaksanaan HUT RI pada tahun lalu. Namun, menurut dia, biaya itu bertambah karena tahun ini HUT RI tak hanya dilakukan di satu tempat.

Baca Juga

"Yang jelas tahun ini kan kegiatannya ada di dua kota, Jakarta dan IKN. Otomatis pembiayaannya juga bisa bertambah," kata Heru di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Dia menyebutkan, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 RI di Jakarta antara lain adalah hiburan. Sementara di IKN juga akan dilaksanakan tata upacara militer (TUM) dan sejumlah hiburan. "Dua ini memerlukan tadi, pembiayaan. Kalau jumlahnya saya enggak hapal," ujar Heru.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, pelaksanaan HUT RI tahun ini merupakan rangkaian yang paling istimewa. Pasalnya, untuk pertama kalinya, kegiatan itu diselenggarakan di dua lokasi.

"Temanya, Nusantara Baru Indonesia Maju, yang sudah dirilis pada tanggal 24 Juni yang lalu dan ini sekaligus menunjukkan transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara, dan sekaligus juga ini adalah transisi untuk keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru nanti," kata Pratikno yang dikutip dari situs Kementerian Sekretariat Negara.

Seperti peringatan HUT RI sebelumnya, agenda Bulan Kemerdekaan Tahun 2024 diawali dengan Zikir dan Doa Kebangsaan yang akan diadakan di Istana Merdeka petang nanti. Acara tersebut akan dihadiri para ulama dan pemuka agama serta diikuti lebih dari 3.000 peserta.

Agenda berikutnya diikuti dengan pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo di IKN, upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan di Istana Negara, Jakarta, Pidato Kenegaraan di Gedung DPR/MPR RI. Juga istimewa, acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci tahun ini rencananya dilakukan di Taman Makam Pahlawan Kalibata oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan di Taman Kusuma Bangsa IKN oleh Presiden Jokowi. 

"Nah, upacaranya, tata upacara militer itu dilaksanakan di IKN dengan Inspektur Upacara Bapak Presiden, sedangkan upacara di Istana Merdeka, Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN," ujar Pratikno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement