Senin 26 Aug 2024 14:21 WIB

Jokowi Bakal Berkantor di IKN di Sela Kunker pada September 2024

Kasetpres Heru belum bisa memastikan apakah Prabowo ikut berkantor di IKN.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di kompleks Kantor Presiden, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di kompleks Kantor Presiden, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengonfirmasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyempatkan waktu untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada September 2024. Agenda Jokowi di IKN akan disesuaikan dengan kegiatan kunjungan kerjanya yang padat.

"Agenda beliau akan disesuaikan tentunya. Kunjungan kerja beliau cukup banyak, di sela-sela kunjungan kerja tentunya beliau akan menyempatkan berkantor di IKN," katanya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2024).

Baca Juga

Saat ini, kata Heru, persiapan untuk kegiatan tersebut sedang dilakukan koordinasi dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sekretariat Kabinet (Seskab) Pramono Anung, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Heru menekankan, rencana tersebut bukan berarti presiden akan berkantor secara permanen di IKN, melainkan sebagai bagian dari penyesuaian jadwal dan agenda. "Ini lagi dipersiapkan. Nanti Pak Seskab dan Pak Mensesneg akan mempersiapkan agenda itu untuk berkantor di IKN," ujarnya.

Terkait pertanyaan mengenai apakah langkah ini bertujuan untuk menghindari aksi demonstrasi yang belakang ini ramai di Jakarta, Heru menegaskan, berkantor di IKN tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. "Nggak. Kan beliau sudah menyampaikannya sudah lama," ujarnya.

Heru menambahkan, belum ada keputusan mengenai apakah Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan turut berkantor di IKN. "Nanti kita lihat," katanya menjawab peluang Prabowo untuk ikut berkantor di IKN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement