Senin 26 Aug 2024 13:25 WIB

Mardani PKS Nilai Anies Maju Buat Pilgub Jakarta Kompetitif

Menurut Mardani Ali Sera, Anies adalah sahabat PKS di mana pun berada.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Fraksi PKS DPR RI, Mardani Ali Sera.
Foto: Dok DPR
Anggota Fraksi PKS DPR RI, Mardani Ali Sera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Fraksi PKS DPR Mardani Ali Sera menilai majunya, Anies Rasyid Baswedan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 yang akan diusung PDIP membuat pertarungan akan menjadi lebih kompetitif. "Semua punya hak. Kian kompetitif kian baik bagi warga," kata Mardani di Jakarta, Senin (26/8/2024).

Menurut Mardani, situasi tersebut sangat menguntungkan bagi masyarakat. Pasalnya, pemilih memiliki banyak pilihan orang berkualitas untuk dipilih menjadi gubernur.

Baca Juga

Dengan demikian, kata dia, masyarakat bisa menilai secara objektif visi-misi pasangan calon mana yang dianggap paling tepat untuk memajukan Jakarta. Saat ditanya apakah majunya Anies akan menyulitkan pasangan M Ridwan Kamil-Suswono, Mardani menanggapi dengan jawaban normatif. "Kita lihat siapa saja yang mendaftar," kata Mardani.

Mardani juga memastikan hubungan PKS dengan Anies tetap terjalin dengan baik, walaupun saat ini sudah berbeda haluan politik. "Mas Anies sahabat PKS di mana pun berada," kata Mardani.

Sebelumnya, perjalanan Anies bersama dengan PKS sudah terjalin ketika ia diusung menjadi gubernur DKI Jakarta pada 2017. Kerja sama politik antara keduanya tetap berlanjut kala Anies maju menjadi calon presiden RI pada Pilpres 2024.

Beberapa partai pun juga mengikuti jejak PKS dalam mendukung Anies pada pilpres itu, yakni Partai Nasdem dan PKB. Setelah pasangan Anies-Abdul Muhaimin Iskandar kandas pada Pilpres 2024, Anies pun berupaya kembali maju lagi pada Pilgub Jakarta 2024.

Namun demikian, PKS sudah berbeda sikap politik dan memilih meninggalkan Anies untuk masuk dalam koalisi besar pemerintah. Langkah PKS juga diikuti oleh Partai Nasdem dan PKB.

Kini, Anies sedang menjalin kedekatan dengan PDIP. Anies disebut akan dipasangkan dengan Rano Karno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement