Senin 05 Aug 2024 16:13 WIB

Iran Serang Israel dalam Waktu Dekat, Ini Bocoran Menlu AS kepada Negara G7

AS berharap bisa mencegah eskalasi dengan cara melakukan pendekatan kepada Iran.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken.
Foto:

Segera setelah pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh pada Rabu (31/7/2024), AS mengirim pasukan tambahan ke Timur Tengah sebagai antisipasi serangan balasan dari Iran. AS menegaskan, pengiriman itu sebagai upaya 'pertahanan'.

Kepala Komando Pusat AS, Jenderal Michael Kurilla, dilaporkan Axios, tiba di Israel pada Senin untuk 'memfinalisasi persiapan' bersama Angkatan Darat Israel 'jelang kemungkinan serangan'.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant sudah mengeluarkan peringatan dengan mengatakan, "Jika mereka berani menyarang kami, mereka akan membayarnya dengan harga yang mahal."

Iran bersama Hizbullah di Lebanon saat ini diambang perang berskala besar dengan Israel. Negara-negara seperti Jepang, Arab Saudi, dan Prancis di antara yang mendesak warga negaranya untuk meninggalkan Lebanon selama layanan penerbangan masih tersedia.

"Dalam konteks volatilitas keamanan yang tinggi," Menteri Luar Negeri Prancis mendesak segara warga negaranya untuk menghindari kunjungna ke London dan menyarankan bagi mereka yang sudah ada di Lebanon untuk meninggalkan negara itu segara.

 

photo
Daftar Panjang Pembunuhan Politik Israel - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement