Kamis 01 Aug 2024 06:02 WIB

Sekwan Klarifikasi Terkait Zita Anjani Absen Rapat Paripurna DPRD DKI

Ketidakhadiran pimpinan dewan, khususnya Zita ramai disorot warganet di media sosial.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
 Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani disorot publik lantaran tak hadir dalam sidang paripurna dan malah pamer sedang makan di akun Instagram.
Foto: pan.or.id
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani disorot publik lantaran tak hadir dalam sidang paripurna dan malah pamer sedang makan di akun Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketidakhadiran Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani ketika rapat paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (P2APBD) Tahun Anggaran 2023 pada Senin (29/7/2024), menuai sorotan publik.

Pasalnya, anggota Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta tersebut saat bolos sidang justru pamer sedang makan melalui akun Instagram pada hari yang sama. Sekretaris Dewan (Sekwan) DKI Jakarta Augustinus buka suara terkait ketidakhadiran sejumlah pimpinan DPRD DKI Jakarta pada rapat paripurna beberapa hari lalu.

Baca Juga

Apalagi, ketidakhadiran pimpinan dewan, khususnya Zita ramai disorot warganet di media sosial. "Terkait ramainya mengenai tidak hadirnya beberapa pemimpin DPRD DKI Jakarta pada saat rapat paripurna tanggal 29 kemarin, saya ingin menjelaskan bahwa rapat kemarin adalah rapat paripurna pandangan umum fraksi, bukan rapat pengambilan keputusan," kata Agustinus di Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Menurut Augustinus, rapat tersebut memungkinkan untuk dipimpin oleh satu orang pimpinan saja. Dia menjelaskan, setiap pimpinan dewan sudah mendapatkan tugas masing masing untuk menggelar rapat paripurna.

"Pada rapat kemarin, sudah dibagi tugas siapa pimpinan rapatnya. Biasanya yang tidak hadir karena melakukan kegiatan lainnya," ujar Agustinus.

Pantauan Republika.co.id di ruang dewan, saat ini, hanya 43 anggota DPRD DKI Jakarta yang hadir dalam rapat paripurna. Bahkan, tak semua pimpinan datang dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin itu.

Salah satu pimpinan yang tak hadir adalah Zita Anjani. Alih-alih hadir rapat paripurna, putri Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) tersebut justru memamerkan aktivitas sedang makan dan olahraga melalui akun Instagram @zitaanjani.

Khoirudin mengatakan, sepinya anggota dewan yang hadir rapat paripurna kemungkinan dikarenakan adanya kesibukan lain. Beberapa anggota dewan juga disebut sedang berada di luar negeri.

"Mungkin ada kesibukan lain. Di antaranya juga sedang kunjungan kerja ke luar negeri," kata Khoirudin kepada wartawan usai rapat paripurna, Senin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement