Senin 29 Jul 2024 15:22 WIB

Popularitas Bobby Kalah di Sumut, Tapi Potensi Menang Pilgub Lebih Besar, Ini Alasannya

Meski berhadapan dengan pejawat Edy Rahmayadi, menantu Jokowi diyakini menang.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Wali Kota Medan Bobby Nasution diprediksi akan memenangkan Pilgub Sumut 2024.
Foto:

Meski kalah populer dari Edy Rahmayadi, angka elektabilitas Bobby Nasution tertinggi sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Sumut. "Untuk sementara yang unggul adalah Bobby Afif Nasution dengan 34,2 persen di top of mind-nya," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, di Jakarta, Ahad (28/7/2024).

Berdasarkan simulasi terbuka (top of mind) itu, dia mengatakan mantan gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menempati urutan kedua elektabilitas tertinggi sebagai bakal cagub Sumut dengan raihan sebesar 15,1 persen. "Nama-nama lain itu masih di bawah 10 persen top of mind-nya," ujarnya.

Nama lainnya yang sering masuk dalam bursa cagub Sumut elektabilitasnya di bawah 5 persen, yakni Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah (Ijeck) di urutan ketiga (4 persen) dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di urutan keempat (3,3 persen).

Djayadi lantas memaparkan dalam simulasi semi-terbuka 23 nama, nama Bobby Nasution kembali menjadi yang paling banyak dipilih, yakni sebesar 41,2 persen, disusul Edy Rahmayadi 21,1 persen. Sementara itu, dukungan elektabilitas Ahok dan Ijeck dalam simulasi 23 nama itu masih di bawah 10 persen, yakni Ahok di urutan ketiga dengan elektabilitas 7,3 persen dan Ijeck di urutan keempat dengan elektabilitas 5,8 persen.

"Jadi, sama dengan yang top of mind, peta untuk sementara didominasi oleh dua nama yaitu Bobby Afif Nasution dan Edy Rahmayadi," katanya.

Dalam simulasi 10 nama hingga dua nama, elektabilitas Bobby pun kembali menempati urutan pertama dan Edy Rahmayadi di urutan kedua secara berturut-turut. "Pengerucutan itu menunjukkan hal yang sama bahwa pertarungan tampaknya masih didominasi oleh dua nama yaitu Bobby Afif Nasution dan Edy Rahmayadi, nama-nama lainnya masih di bawah 10 persen," kata dia.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Peran Jokowi.. baca di halaman selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement