Senin 22 Jul 2024 06:44 WIB

Biden Mundur Pilpres, Janjinya Soal Palestina di Mulut Saja

Biden disebut terlibat dalam genosida di Gaza.

Demonstran pro-Palestina berunjuk rasa memprotes dukungan Amerika Serikat terhadap Israel di luar Gedung Putih, Washington DC, Selasa (28/5/2024)
Foto: EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
Demonstran pro-Palestina berunjuk rasa memprotes dukungan Amerika Serikat terhadap Israel di luar Gedung Putih, Washington DC, Selasa (28/5/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pada masa kampanye Pilpres 2020, Joe Biden menjanjikan perbaikan hubungan antara Pemerintah AS dan komunitas Muslim, salah satunya dengan berbuat lebih terkait nasib bangsa Palestina. Sampai ia mengundurkan diri sebagai kandidat calon presiden kali ini, janji itu ternyata omong kosong belaka.

Pada Oktober 1973, Biden sebagai senator Delaware yang baru terpilih mengunjungi Israel dalam perjalanan resmi luar negeri pertamanya dan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Golda Meir. Biden yang berusia 30 tahun kala itu tampak terharu ketika Meir menjelaskan apa yang dikatakannya sebagai situasi berbahaya secara militer Israel yang dikelilingi oleh “negara-negara musuh”.

Baca Juga

Aljazirah melansir, 13 tahun kemudian, Biden menyampaikan pidato yang penuh semangat di hadapan Senat AS, yang memperjelas bahwa kepentingan Amerika terkait erat dengan kepentingan Israel. “Sudah waktunya kita berhenti meminta maaf atas dukungan kita terhadap Israel,” katanya kepada anggota parlemen pada bulan Juni 1986. “Ini adalah investasi terbaik sebesar 3 miliar dolar AS yang kita lakukan. Jika tidak ada Israel, Amerika Serikat harus menciptakan Israel untuk melindungi kepentingannya di wilayah tersebut.”

Saat maju melawan Trump pada 2020, Biden mencoba mendekati komunitas Muslim AS. Salah satu janjinya adalah penyelesaian konflik Israel-Palestina dengan solusi dua negara. Namun saat tiba serangan pejuang Palestina pada Oktober 2023 yang dibalas dengan brutal oleh Israel, sikap aslinya keluar lagi.

Joe Biden, yang memproklamirkan diri sebagai Zionis, telah menjadi pembela setia Israel sepanjang karir politiknya selama puluhan tahun. Sebagai presiden, ia terus mendukung dukungan tanpa syarat Washington terhadap Israel dan menempatkan AS lebih selaras dengan sekutunya di Timur Tengah meskipun ada kemarahan internasional yang meningkat atas kekejaman Israel di Gaza.

Berpegang teguh pada agenda Donald Trump sebelumnya, Biden mempertahankan kedutaan AS di Yerusalem dan menolak membatalkan pengakuan Washington atas klaim kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang diduduki Suriah. Dia juga mendorong upaya untuk membangun hubungan formal antara Israel dan negara-negara Arab secara independen dari permasalahan Palestina.

Tak lama setelah pecahnya perang di Gaza tahun lalu, Biden menyuarakan dukungannya yang teguh terhadap Israel. Dia menunjukkan dukungan penuhnya ketika dia mengunjungi Israel dan memeluk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Oktober 2023.

Biden memicu kemarahan tahun lalu ketika ia meragukan jumlah warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel. “Saya tidak menduga orang-orang Palestina mengatakan yang sebenarnya mengenai berapa banyak orang yang terbunuh. Saya yakin orang-orang tak berdosa telah terbunuh, dan itu adalah harga dari perang,” ujarnya saat itu.

Amerika telah memblokir tiga usulan di Dewan Keamanan PBB yang menyerukan diakhirinya perang. Pemerintahan Biden juga memberikan suara menentang tindakan serupa di Majelis Umum PBB.

photo
Bagaimana AS TErlibat Genosida di Gaza? - (Republika)

AS terus-menerus mengirimkan bom dan senjata ke Israel selama konflik, dan Biden serta para pembantunya menekankan bahwa komitmen mereka terhadap keamanan negara itu “sangat kuat”. Pada bulan April, Biden menandatangani bantuan militer tambahan sebesar 14 miliar dolar AS kepada Israel.

Gedung Putih mengecam jaksa Pengadilan Internasional karena mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu atas kemungkinan kejahatan perang. “Permohonan jaksa ICC untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap para pemimpin Israel sangat keterlaluan,” kata Biden dalam sebuah pernyataan pada bulan Mei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement