Ahad 21 Jul 2024 22:50 WIB

Team Order Antarkan Oscar Piastri Cetak Sejarah Pertama Kali Juara di GP Hungaria

McLaren meminta Lando Norris mengalah setelah keduanya di posisi satu-dua GP Hungaria

Pembalap McLaren Oscar Piastri asal Australia (kanan) merayakan kemenangannya di podium setelah memenangi balapan Grand Prix Formula Satu Hungaria di Sirkuit Hungaroring di Mogyorod, Hungaria, Ahad, 21 Juli 2024.
Foto: AP Photo/Denes Erdos
Pembalap McLaren Oscar Piastri asal Australia (kanan) merayakan kemenangannya di podium setelah memenangi balapan Grand Prix Formula Satu Hungaria di Sirkuit Hungaroring di Mogyorod, Hungaria, Ahad, 21 Juli 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Oscar Piastri memenangkan balapan Formula Satu pertamanya setelah finis tercepat di Grand Prix Hungaria di Sirkuti Hungaroring pada Ahad (21/7/2024). McLaren menunjukkan dominasinya karena posisi kedua ditempati rekan Piastri, Lando Norris.

Pembalap Australia berusia 23 tahun itu memulai balapan di posisi kedua di belakang Norris yang berada di posisi terdepan. Piastri menyalipnya di tikungan pertama untuk memimpin. Norris unggul setelah strategi pit-stop yang menguntungkannya, tetapi ia akhirnya memenuhi permintaan timnya untuk mengembalikan keunggulan kepada rekannya.

Baca Juga

"Ini adalah hari yang saya impikan, berdiri di anak tangga teratas podium F1," kata Piastri.

Lewis Hamilton finis ketiga di belakang pasangan MCLaren itu untuk memperpanjang rekor podium ke-200 dalam kariernya.

Pemimpin poin Max Verstappen finis kelima di belakang Charles Leclerc di Ferrari dan kini telah menjalani tiga balapan tanpa kemenangan. Verstappen memimpin klasemen dengan 265 poin, sedangkan Norris 189 poin.

McLaren merayakan kemenangan satu-dua, tetapi kemenangan besar itu juga akan dikenang karena perdebatan tim tentang pembalap mana yang akhirnya akan menang.

Pada awalnya, tim memberi tahu Piastri bahwa strategi pit adalah memastikan Norris dapat menahan Hamilton, sambil meminta Norris mengembalikan posisi itu "sesuai keinginannya."

Saat putaran terus berjalan dan Norris tidak bergeming, McLaren memberi tahu Piastri bahwa ia dapat kembali ke depan saat ia menyusul Norris. Akhirnya, tim memohon kepada Norris agar membiarkan Piastri lewat.

"Saya tahu Anda akan melakukan hal yang benar," kata tim kepada Norris. Setelah lama terdiam, Norris menjawab, "katakan padanya untuk menyusul."

Ketegangan meningkat hingga Norris mengendurkan kecepatan dan membiarkan Piastri lewat saat dua putaran berlalu.

Piastri dan Norris berjabat tangan sebentar sambil melepas helm mereka dan setelah keduanya diberi ucapan selamat oleh staf McLaren dan pengemudi lainnya.

Lando tidak mengucapkan kata-kata kasar sebelum melangkah ke posisi kedua di podium pemenang, meskipun ia hampir saja menambah kemenangan F1 pertamanya di Miami pada bulan Mei.

"Hari yang luar biasa sebagai sebuah tim, itulah yang terpenting. Saya sangat senang. Ini merupakan perjalanan yang panjang untuk mencapai ini berdasarkan prestasi," kata Norris. "Oscar mengawali dengan baik. (Kemenangannya) akan segera diraih, dan ia pantas mendapatkannya hari ini."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement