Ahad 23 Jun 2024 23:11 WIB

Max Verstappen Menangi GP F1 Spanyol Penuh Aksi di Barcelona

Verstappen mencatatkan waktu 1 jam 28 menit 20,227 detik untuk menjuarai GP Spanyol.

Pembalap Red Bull Max Verstappen merayakan gelar juara GP Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Ahad (23/6/2024)
Foto: EPA-EFE/SIU WU
Pembalap Red Bull Max Verstappen merayakan gelar juara GP Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Ahad (23/6/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Red Bull Max Verstappen memenangkan Grand Prix Spanyol yang penuh aksi dramatis di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Ahad (23/6/2024). Sang juara tiga kali itu mencatatkan waktu 1 jam 28 menit 20,227 detik, unggul tipis atas polesitter Lando Norris dari McLaren dengan selisih 2,219 detik saja.

Podium terakhir ditempati oleh pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang terpaut cukup jauh yakni 17,790 detik dari sang pemimpin balapan. Ini merupakan podium pertama bagi Hamilton pada musim ini.

Baca Juga

Sementara bagi Verstappen, ini merupakan kemenangan ketujuh baginya dari 10 grand prix yang telah bergulir pada tahun 2024. Sebelumnya, ia menang di GP Bahrain, Arab Saudi, Jepang, China, Imola, dan Kanada.

Selain itu, pencapaian Verstappen di Barcelona ini turut menandai kemenangan ke-61 sepanjang kariernya.

Verstappen dengan sigap langsung merebut posisi terdepan dari Norris pada lap ketiga. Ia mampu mempertahankan keunggulannya tersebut bahkan hingga lap ketujuh, di mana Norris sementara bersusah-payah keluar dari urutan ketiga, di belakang Verstappen dan George Russell dari Mercedes.

Perebutan posisi terdepan berlangsung dengan sengit, terutama saat Norris memutuskan untuk kembali ke pit dan bangkit lebih kuat.

Benar saja, Norris yang bahkan sempat berada di P5, memberikan perlawanan alot untuk menyalip para pembalap di depannya. Pada lap ke-45, pembalap Inggris itu mampu mempersempit jarak dengan Verstappen yakni 4,4 detik saja.

Jelang lap-lap akhir, pertarungan juga terjadi di antara dua pembalap Mercedes yang berusaha untuk memperebutkan satu tempat di podium terakhir.

Russell, yang sebelumnya tampil solid di sepanjang balapan, harus menyerah dari rekan satu timnya setelah Hamilton mengamankan P3.

Putaran ke-11 dari Formula 1 musim 2024 akan kembali berlanjut pekan depan pada 28-30 Juni melalui Grand Prix Austria, yang akan bergulir di Sirkuit Red Bull Ring.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement