Jumat 06 Sep 2024 18:12 WIB

IPS Sebut Ahmad Gunadi Bintang Baru di Pilkada Barito Utara

Posisi elektabilitas Gunadi sudah lebih dari 50 persen.

Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS), Arman Salam.
Foto: istimewa/tangkapan layar
Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS), Arman Salam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Riset Indonesian Political Studies (IPS), Arman Salam, menyebut, Ahmad Gunadi Nadalsyah, telah menjadi bintang baru di Pilkada Kabupaten Barito Utara 2024. Gunadi dinilai potensial memenangkan kontestasi politik lima tahunan di Barito Utara karena beberapa faktor dan alasan.

“Secara personal, Ahmad Gunadi lewat aneka program dan kegiatannya turun ke lapangan telah menjadikan dirinya sebagai bintang baru Barito Utara,” kata Arman, dalam siaran persnya (6/9/2024).

Karena posisinya yang sudah menjadi bintang baru tersebut, menurut Arman, Gunadi juga dinilai punya peluang yang lebih besar untuk menang sebagai bupati Barito Utara periode berikutnya. Apalagi, jika Gunadi mampu mengkapitalisasi keberhasilan ayahnya, Nadalsyah sebagai bupati Barito Utara dua periode sebelumnya.

Peluang menang Gunadi juga tercermin dari data sejumlah lembaga survei. Kata Arman, Gunadi yang sudah unggul cukup jauh meninggalkan kompetitor utamanya, Gogo Purman Jaya.

“Sejauh ini posisi elektabilitas Gunadi memang sudah 50% lebih. Karena hanya ada dua calon, di bawahnya tentu Gogo Purman Jaya yang harus tetap diwaspadai. Meskipun, sudah tertinggal jauh. Intinya tetap tak boleh lengah," ungkapnya.

Dalam analisa Arman, peluang Gunadi untuk menang juga tergambar dari variabel data survei lainnya. Menurutnya, mulai dari dukungan dari aneka segmen demografis yang merata. Termasuk dukungan setiap zona/dapil, sampai ke dukungan pemilih militan (strong supporter) yang cukup tinggi. 

“Dari pengalaman selama ini, pemilih strong supporter itu biasanya tak pernah goyah sampai hari H pemilihan,” ungkapnya.

Namun begitu, Arman mengingatkan, dari strong supporter yang dimiliki dua kandidat yang sudah resmi mendaftar dan berpasangan ini. Ada sekitar 52,0% pemilih yang berkategori soft supporter. Yaitu, pemilih cair yang merupakan gabungan antara pemilih yang sudah punya pilihan tapi bisa berubah dengan mereka yang belum punya pilihan sama sekali.

Nah, soft supporter ini biasanya menjadi lahan yang masih bisa diperebutkan oleh siapa saja, baik oleh Gunadi maupun Gogo. Tentu, siapa yang paling banyak mengambil pemilih berkategori seperti ini, dia lah yang akan memenangkan pertarungan,” tegasnya.

Seperti diketahui, Pilkada Barito Utara akan diikuti oleh dua pasang calon yang sudah resmi mendaftar ke KPUD. Pertama, Ahmad Gunadi Nadalsyah – Satria Jaya yang diusung Demokrat, PDIP, Nasdem, Golkar dan Gerindra, dan Gogo Purman Jaya – Hendro Naka Lelo, diusung PKB, PPP, PKS, Hanura dan PAN.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement