Ahad 21 Jul 2024 05:48 WIB

Israel Serang Pelabuhan Hodeidah di Yaman, Houthi Deklarasikan Perang

Puluhan orang jadi korban pengeboman Israel di Pelabuhan Hodeidah.

Tangki minyak terbakar akibat serangan Israel di pelabuhan di Hodeidah, Yaman, Sabtu 20 Juli 2024.
Foto:

Serangan pesawat tak berawak yang dilakukan pemberontak Houthi menewaskan satu orang di pusat Tel Aviv dan melukai sedikitnya 10 lainnya di dekat Kedutaan Besar AS pada Jumat pagi. Israel mengatakan pertahanan udara mendeteksi drone tersebut pada hari Jumat tetapi terjadi “kesalahan”. 

Para ahli telah menyatakan keraguan tentang kemampuan Houthi untuk mengalahkan sistem pertahanan udara Israel dari jarak sekitar 1.600 kilometer. “Jaraknya membuat sulit untuk meluncurkan serangan yang diperlukan untuk menimbulkan kerusakan besar,” kata Fabian Hinz, pakar rudal dan peneliti di Institut Internasional untuk Studi Strategis. 

Sejak bulan Januari, pasukan AS dan Inggris telah menyerang sasaran di Yaman, sebagai respons terhadap serangan Houthi terhadap kapal komersial yang digambarkan oleh pemberontak sebagai pembalasan atas tindakan Israel dalam perang di Gaza. 

Serangan udara pasukan gabungan sejauh ini tidak bis berbuat banyak untuk menghalangi kekuatan yang didukung Iran. Para analis dan badan intelijen Barat telah lama menuduh Iran mempersenjatai kelompok Houthi, sebuah klaim yang dibantah oleh Teheran. Dalam beberapa tahun terakhir, pasukan angkatan laut AS telah mencegat sejumlah kapal yang membawa senapan, granat berpeluncur roket, dan komponen rudal dalam perjalanan dari Iran ke wilayah Yaman yang dikuasai Houthi. 

Houthi memiliki rudal balistik jarak jauh, rudal jelajah yang lebih kecil, dan “drone bunuh diri”, yang semuanya mampu mencapai Israel selatan, menurut para ahli senjata. Kelompok Houthi terbuka mengenai persenjataan mereka, dan secara rutin memamerkan rudal-rudal baru di jalan-jalan Sanaa.

photo
Tangki minyak terbakar akibat serangan Israel di pelabuhan di Hodeidah, Yaman, Sabtu 20 Juli 2024. - (AP Photo)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement