Senin 16 Sep 2024 14:08 WIB

Penghuni Lapas Cipinang Tewas, Polisi Pastikan karena Sakit

Dari hasil pemeriksaan, tak ditemukan adanya tanda kekerasan benda tumpul dan tajam.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kondisi Lapas Cipinang di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kondisi Lapas Cipinang di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kepolisian memastikan tidak ada tanda kekerasan pada tahanan tewas berinisial D (47 tahun) di Blok Type III Lantai Tiga Kamar 326, Lapas Cipinang, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur usai mengidentifikasi dari hasil pemeriksaan awal. D diperkirakan tewas akibat sakit.

"Dari hasil pemeriksaan awal tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan benda tumpul maupun tajam," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (16/9/2024).

Baca: TNI AL Bangun Kekuatan Kapal Selam Sampai Disegani di Kawasan

Ade menjelaskan, wal kejadian bermula dari saksi satu yang mengaku terakhir kali bertemu korban D pada Sabtu (14/9/2024) sekitar pukul 17.30 WIB. D kala itu hendak ke kamar mandi. Usai dari kamar mandi, korban meminta tolong saksi membeli makanan dan diantar ke kamar korban.

Lalu, pukul 21.00 WIB, saksi satu telah menerima makanan yang dikirim oleh pihak Lapas Cipinang. Sesuai permintaan korban, saksi mengantar makanan ke kamarnya dan melihat korban saat itu tidur.

Pada Ahad (15/9/2024), saksi satu pulang dari kegiatan pukul 17.00 WIB kemudian menuju kamar korban. "Saat itu saksi melihat makanan tadi malam masih di lokasi yang sama dan melihat korban posisi tertidur tertelungkup," ujar Ade.

Selanjutnya, saksi satu memberikan informasi kepada rekan kamar lain untuk menindaklanjuti laporan kepada saksi dua yang bertugas. "Saksi dua selaku petugas melakukan pengecekan guna memastikan jumlah tahanan narapidana sesuai dengan jumlah yang ada dan di arahkan untuk masuk kembali ke kamarnya masing-masing," ujar Ade.

Kasus itu telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Senin sekitar pukul 00.06 WIB dan saat ini kasus ditangani Polsek Jatinegara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement