Senin 16 Sep 2024 12:04 WIB

Rektor Cyber University Dorong Inovasi Keuangan Berbasis Data Bersama OJK Institute

Strategi berbasis data kini menjadi sangat penting untuk pengambilan keputusan.

Gunawan Witjaksono, Rektor Universitas Siber Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Cyber University, baru-baru ini menjadi sorotan utama dalam mendorong inovasi ini.
Foto: Cyber University
Gunawan Witjaksono, Rektor Universitas Siber Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Cyber University, baru-baru ini menjadi sorotan utama dalam mendorong inovasi ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inovasi dalam industri keuangan semakin berkembang pesat, terutama dengan adopsi teknologi analitik data yang semakin mendalam. Gunawan Witjaksono, Rektor Universitas Siber Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Cyber University, baru-baru ini menjadi sorotan utama dalam mendorong inovasi ini.

Pasalnya, dalam acara yang diselenggarakan oleh OJK Institute dan Orbit Future Academy pada hari Kamis (12/9/2024) kemarin, Gunawan berkesempatan dalam memimpin diskusi inovatif mengenai peran strategis analitik data dalam mentransformasi sektor keuangan.

Baca Juga

Dalam presentasinya yang bertajuk "Masa Depan Analitik Data dalam Industri Keuangan: Tren & Inovasi," Gunawan mengungkapkan bagaimana strategi berbasis data menjadi pilar utama bagi institusi keuangan dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital.

Ia juga menekankan penggunaan analitik data tidak hanya meningkatkan kualitas pengambilan keputusan, namun juga mengurangi risiko serta meningkatkan efisiensi operasional secara signifikan.

"Strategi berbasis data kini menjadi sangat penting untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, pengurangan risiko, dan peningkatan efisiensi operasional. Sehingga penting untuk memastikan penyelarasan strategis antara analitik data dan tujuan organisasi serta menjalin kolaborasi lintas fungsi untuk implementasi yang sukses," ujar Gunawan dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (16/9/2024).

Dalam sesi presentasinya, Gunawan juga menyoroti peran inovasi berkelanjutan dan eksperimen dengan teknik analitik data terbaru. Ia memperkenalkan berbagai alat berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk memperkuat kemampuan analitik data. Gunawan pun menyarankan agar institusi keuangan terus menerus berinovasi dan memanfaatkan teknik analitik terbaru untuk tetap unggul di pasar yang dinamis.

Acara ini menandai tonggak penting dalam upaya Cyber University sebagai Kampus Fintech Pertama di Indonesia untuk mempromosikan literasi data dan inovasi di sektor keuangan Indonesia. Kolaborasi antara OJK Institute, Orbit Future Academy, dan para pemimpin industri pendidikan seperti Gunawan Witjaksono mencerminkan visi bersama untuk menciptakan masa depan yang lebih terinformasi dan berbasis data.

"Kolaborasi ini merupakan langkah besar dalam memastikan bahwa institusi keuangan di Indonesia dapat memanfaatkan potensi penuh dari analitik data untuk mencapai kesuksesan," kata Gunawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement