Jumat 19 Jul 2024 09:26 WIB

Bungkam Dewa United di Game 1 Playoff IBL, Borneo Cetak Sejarah

Borneo mengalahkan tim peringkat pertama regular season Dewa United Banten 90-76.

Para pemain Borneo Hornbills merayakan kemenangan atas Dewa United dalam pertandingan pertama putaran pertama playoff IBL 2024 di Bogor, Kamis (18/7/2024).
Foto: dok IBL
Para pemain Borneo Hornbills merayakan kemenangan atas Dewa United dalam pertandingan pertama putaran pertama playoff IBL 2024 di Bogor, Kamis (18/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borneo Hornbills membuat sejarah di IBL sebagai tim peringkat kedelapan yang meraih kemenangan pada game pertama putaran pertama playoff IBL. Borneo menang mengalahkan tim peringkat pertama regular season Dewa United Banten 90-76 di GOR Laga Tangkas, Bogor, Kamis (18/7/2024) malam.

Dengan format the best of three, Borneo butuh satu kemenangan lagi untuk lolos ke putaran kedua. Sebaliknya, Dewa United harus menang pada gim kedua untuk memaksakan laga penentuan.

Baca Juga

Borneo memberikan kejutan dengan menahan imbang Dewa United Banten 45-45 pada babak pertama. Mengawali kuarter ketiga, mereka melaju 11-0. Tim asuhan Ismael kembali membuat Dewa United kesulitan mencetak poin. Setelah time-out, Dewa United akhirnya bisa menyusul. Namun Borneo dapat menjaga keunggulan 65-59 pada akhir kuarter ketiga.

Borneo membuat gebrakan pada awal kuarter empat. Mereka memimpin 10-2 dalam dua menit untuk memberikan keunggulan 75-61. Akeem Scott memborong tujuh poin dari laju cepat Borneo di awal kuarter keempat.

Penyesuaian offense akhirnya dilakukan oleh Dewa United. Memasukkan Jordan Adams untuk menciptakan ruang tembak yang cukup nyaman bagi Gelvis Solano. Strategi ini berhasil karena Solano bisa leluasa melepas tembakan.

Namun di sisi lain, Borneo juga melakukan hal serupa. Bahkan dalam situasi sulit, tembakan mereka bisa melesak mulus ke ring sehingga Borneo tetap unggul 78-64 di pertengahan kuarter keempat. Borneo bisa mencegah Dewa United bangkit hingga akhir pertandingan.

"Ini pertandingan yang besar bagi kami," kata Akeem Scott. "Kami tahu kami peringkat ke delapan. Tapi kami percaya pada apa yang kami percayai bahwa kami bisa melakukan apa pun. Meski lawan kami tim peringkat teratas."

Michael Qualls memimpin Borneo dengan torehan 21 poin, 11 assist, dan delapan rebound. Jamarr Andre Johnson mencetak 18 poin dalam 25 menit di lapangan. Akeem Scott dari bangku cadangan mencetak 17 poin, dan terakhir ada Steve Taylor Jr. menambahkan 15 poin.

Di pihak Dewa United, Gelvis Solano Paulino mencetak 30 poin dengan akurasi 10-dari-19 percobaan tembakan. Tavario Miller menambahkan 14 poin, Jordan Adams terjebak dengan defense Borneo yang rapat dan hanya mencetak 11 poin, 4 dari 11 percobaan. Lester Prosper mencetak double-double 10 poin dan 14 rebound.

Game 2 akan bergeser ke Dewa United Arena pada Sabtu (20/7/2024). Namun seperti yang dikatakan Akeem Scott dalam wawancara usai laga, Borneo siap dengan semua kemungkinan. Termasuk jika seri ini harus ditentukan lewat Game 3. 

Pada laga lainnya, unggulan kedua Pelita Jaya Basketball menang meyakinkan 96-66 atas Bali United Basketball di GOR Merpati, Bali. Pelita Jaya akan menjadi tuan tumah di Indoor Stadium, Tangerang pada Sabtu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement