Selasa 09 Jul 2024 13:55 WIB

Cara Studi The Lancet Ungkap Jumlah Warga Gaza yang Dibunuh Israel Capai 186 Ribu Jiwa

Angka The Lancet empat kali dari data kematian resmi yang dirilis Kemenkes Gaza.

Para pengunsi Palestina berjalan melarikan diri meninggalkan kota Khan Younis, di Jalur Gaza pada Senin (1/7/2024). Tentara Israel memerintahkan evakuasi massal kepada warga Palestina di Khan Younis. Diduga militer Israel akan melancarkan serangan darat baru di kota terbesar kedua di Jalur Gaza tersebut.
Foto:

Israel tak kunjung menghentikan penyerbuan ke Jalur Gaza meski Mahkamah Internasional (ICJ) memerintahkan Israel, melalui putusannya yang bersifat mengikat, untuk menghentikan serangan di Rafah yang diduga melanggar Konvensi Genosida. Serangan Israel ke Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan setidaknya 38.089 warga Palestina dan melukai lebih dari 87.705 lainnya.

Selain itu, setidaknya 10 ribu orang masih belum diketahui nasibnya dan diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan yang hancur akibat bom Israel. Organisasi internasional dan Palestina turut menyebut bahwa sebagian besar korban yang tewas dan cedera adalah wanita dan anak-anak.

Agresi Israel juga menyebabkan hampir dua juta warga Palestina terusir dari tempat tinggalnya, sehingga menyebabkan eksodus pengungsi Palestina terbesar sejak tragedi Nakba pada 1948. Sebagian besar dari mereka terpaksa mengungsi di kota Rafah yang berbatasan dengan Mesir.

Dilaporkan media Mesir, Al Qahera News, Ahad (7/7/2024), Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), William Burns, akan mengunjungi ibu kota Mesir, Kairo, selama sepekan ke depan. Kunjungan itu dilakukan guna berpartisipasi dalam pembicaraan tentang gencatan senjata di Jalur Gaza dan kesepakatan pertukaran sandera.

Laporan tersebut juga menyatakan, delegasi Israel diharapkan tiba di ibu kota Mesir pada Senin ini untuk melanjutkan pembicaraan menyoal gencatan senjata. Sehari sebelumnya, Sabtu (6/7/2024), media itu melaporkan bahwa Mesir akan menerima delegasi dari Israel dan Amerika Serikat untuk membahas poin-poin yang belum terselesaikan dari perjanjian gencatan senjata di Jalur Gaza. Pada hari yang sama, portal berita Axios juga melaporkan bahwa Burns akan mengunjungi ibu kota Qatar, Doha, pekan depan untuk berpartisipasi dalam pembicaraan mengenai kesepakatan sandera dan gencatan senjata di Gaza.

photo
Komik Si Calus : Boikot - (Republika/Daan Yahya)

 

sumber : Antara, Anadolu, WAFA-OANA, Sputnik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement