Senin 16 Sep 2024 20:41 WIB

Cawagub Rano Karno Janji Benahi Persoalan JIS

Akses mobilitas dan kantong parkir di JIS dikeluhkan penonton.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana di luar Jakarta Internasional Stadium (JIS) saat Kumpul Akbar Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin), Sabtu (9/2/2024).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Suasana di luar Jakarta Internasional Stadium (JIS) saat Kumpul Akbar Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin), Sabtu (9/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta Rano Karno  menjanjikan pembenahan sejumlah masalah di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, seperti akses mobilitas dan jumlah kantong parkir. Hingga kini, akses penunjang JIS belum juga rampung dibenahi.

Alhasil, ketika ada acara besar, seperti pertandingan sepak bola maupun konser, penonton kesulitan ketika ingin pulang. "Stadion bagus tapi infrastruktur transportasinya belum selesai. Walaupun kita sudah lihat tuh. Tiang-tiang LRT udah ada kan," kata Rano dalam keterangannya di Jakarta, Senin (16/9/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan JIS, kerap dijadikan sebagai tempat untuk konser berbagai musisi, seperti yang terakhir Bruno Mars. Sayangnya, terjadi kepadatan lalu lintas akibat penumpukan kendaraan pribadi penonton ke lokasi konser. Hal itu pun dikeluhkan penonton yang kesulitan mendapatkan transportasi.

Oleh karena itu, Rano berjanji untuk mengatasi persoalan tersebut apabila terpilih untuk memimpin Jakarta bersama Pramono Anung Wibowo. Dia juga siap meneruskan pembangunan LRT Jakarta menuju JIS.

"Tentu saja, melibatkan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR. Memang perlu percepatan. Nah itu jangan lupa. LRT yang akan menuju JIS itu kan proyek dari PUPR. Itu harus ada harmonisasi dengan pemerintah pusat," jelas Bang Doel, sapaan akrabnya,.

Selain itu, Bang Doel menegaskan, pentingnya untuk memperhatikan dan mendukung Persija Jakarta. Dia pun setuju agar Persija bermarkas di Stadion JIS. "Saya tentu akan memperhatikan Persija, itu wajib, kalau tidak, ngapain jadi wakil gubernur DKI," katanya.

JIS dibangun pada era Gubernur Anies Rasyid Baswedan. Menjelang ia mengakhiri dinas, Anies sempat melakukan groundbreaking pembangunan LRT Jakarta ke arah JIS. Pun dia merancang pembangunan Stasiun JIS untuk layanan KRL Commuter Line. Namun, hingga kini, dua proyek itu mandeg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement