Sabtu 06 Jul 2024 06:27 WIB

Israel Kewalahan di Gaza jadi Alasan Gencatan Senjata?

Serangan balik pejuang diklaim Palestina tewaskan 10 tentara Israel.

Tentara IDF mengeluarkan prajurit yang terluka dari Jalur Gaza dalam foto tak bertanggal yang dirilis 1 Januari 2023.
Foto: IDF
Tentara IDF mengeluarkan prajurit yang terluka dari Jalur Gaza dalam foto tak bertanggal yang dirilis 1 Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Perundingan gencatan senjata yang terbaru dinilai punya potensi untuk mewujud dalam waktu dekat. Kesulitan pasukan penjajahan Israel (IDF) di medan perang dilaporkan jadi sebab mengapa Israel terbuka menerima proposal yang diajukan kelompok Hamas tersebut.

Pembicaraan mengenai suasana positif seputar perundingan gencatan senjata dan kesepakatan pertukaran tawanan di Jalur Gaza, yang didorong oleh masukan baru-baru ini yang disampaikan oleh Hamas kepada para mediator, telah menjadi pusat perhatian dalam diskusi mengenai perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza. 

Baca Juga

Namun, merujuk the Wall Street Journal (WSJ), masukan positif dari Hamas bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi kebangkitan perundingan gencatan senjata. Gerakan tersebut sebelumnya bersikap positif dan fleksibel selama proses negosiasi yang dimediasi.

Menurut WSJ, kesalahan dalam perhitungan medan perang oleh Israel telah membuat para analis menyimpulkan bahwa militer dan lembaga keamanan Israel mendorong pemerintah Israel yang dipimpin Benjamin Netanyahu untuk menyelesaikan kesepakatan dengan Perlawanan Palestina. 

“Waktu terus berjalan dan semua pihak menyadari bahwa waktu tidak menguntungkan mereka, terutama pihak Israel,” kata Ofer Shelah, mantan anggota parlemen Israel dan analis militer di Institut Israel untuk Studi Keamanan Nasiona” (INSS), sebagai dikutip oleh WSJ.

Pasukan penjajah sebelumnya mulai melakukan transisi ke operasi tahap ketiga di Rafah, seperti yang terjadi di seluruh wilayah lain di Jalur Gaza. Tahap ini menyebabkan berkurangnya jumlah pasukan Israel yang dikerahkan di sekitar kota dan serangan yang lebih kecil ke lingkungan tertentu di kota paling selatan di Jalur Gaza.

Ketika pasukan penjajah melakukan transisi ke fase operasi baru ini, dan dengan pejuang Perlawanan Palestina yang mempertahankan kendali di Rafah dan kota-kota lain di Jalur Gaza, harapan Israel untuk melenyapkan Hamas tampak semakin tidak realistis. Dampak dari transisi komando militer Israel ke operasi tahap ketiga di Shujaiya dan Jabalia di Kota Gaza adalah bukti nyata kegagalan strategi Israel untuk mencapai tujuan perang yang dinyatakan. 

WSJ melaporkan bahwa pemerintah dan militer Israel selalu dapat menunjukkan perlunya terus melawan Perlawanan Palestina, selama serangan terhadap Rafah masih berlangsung. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa para pejabat Israel telah menggambarkan Rafah sebagai benteng terakhir Perlawanan Palestina yang tersisa dan bahwa invasi tersebut akan sangat memudahkan tercapainya tujuan-tujuan perang, seperti pembebasan tawanan Israel atau penghancuran kelompok Perlawanan. kemampuan.

Ketika invasi beralih ke fase intensitas yang lebih rendah, tanpa kemajuan signifikan dalam mencapai tujuan perang Israel, maka pembenaran atas serangan dan pendudukan yang berkelanjutan di Jalur Gaza menjadi semakin sulit.

“Meskipun ada banyak keberanian, lembaga keamanan Israel mulai memahami… bahwa kemungkinan keberhasilan dari pertempuran yang berkelanjutan di Gaza sangatlah kecil, bahkan mungkin negatif,” jelas Shelah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement