Senin 01 Jul 2024 17:42 WIB

Terjebak di Rutinitas? Ini 8 Cara Ampuh Seimbangkan Karir dan Kehidupan Pribadi

Pentingnya memisahkan waktu kerja dan waktu pribadi.

Kecemasan, stres, bahkan burnout menjadi teman sehari-hari yang tidak diinginkan.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Kecemasan, stres, bahkan burnout menjadi teman sehari-hari yang tidak diinginkan.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Siapa yang tidak pernah merasakan penatnya rutinitas kerja? Di era modern ini, banyak orang sering kali terjebak dalam kesibukan tanpa henti, hingga melupakan betapa pentingnya keseimbangan antara karir dan kehidupan pribadi.

Kecemasan, stres, bahkan burnout menjadi teman sehari-hari yang tidak diinginkan. Tapi, tenang saja, Joko Dwi Mulyanto selaku Koordinator BSI Career Center (BCC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, punya resep jitu untuk mencapai keseimbangan tersebut.

Baca Juga

1. Tetapkan batas yang jelas

Pentingnya memisahkan waktu kerja dan waktu pribadi. Hindari membawa pekerjaan ke rumah atau memantau email kantor di luar jam kerja. Buatlah waktu khusus untuk fokus pada pekerjaan dan waktu untuk diri sendiri serta keluarga.

2. Prioritaskan kesehatan fisik dan mental

Kesehatan adalah modal utama. Luangkan waktu untuk berolahraga, makan-makanan sehat, dan tidur yang cukup. Kesehatan fisik dan mental yang prima akan membantu Anda lebih fokus dan produktif di tempat kerja, serta menikmati waktu luang dengan lebih baik.

3. Delegasikan dan kelola waktu dengan efektif

Tak perlu jadi superhuman. Delegasikan tugas kepada orang lain jika memungkinkan dan pelajari teknik manajemen waktu yang efektif untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien.

4. Bangun komunikasi yang terbuka

Komunikasi adalah kunci. Sampaikan kebutuhan dan batasan Anda kepada atasan, rekan kerja, dan keluarga. Komunikasi yang terbuka akan membantu mereka memahami situasi Anda dan mendukung keseimbangan yang Anda butuhkan.

5. Luangkan waktu untuk hobi dan minat

Jangan lupakan kesenangan pribadi. Melakukan hal-hal yang Anda sukai di luar pekerjaan dapat membantu melepaskan stres dan mengisi ulang energi. Entah itu membaca buku, berolahraga, atau menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih.

6. Fleksibel dan terbuka terhadap perubahan

Dunia kerja terus berubah. Bersikap fleksibel dan terbuka terhadap peluang baru sangat penting, namun jangan sampai mengganggu keseimbangan hidup Anda.

7. Berani berkata tidak

Ini yang kadang sulit, tapi penting. Anda tidak perlu selalu mengatakan 'ya' untuk semua permintaan. Belajar berkata ‘tidak’ pada hal-hal yang dapat mengganggu keseimbangan hidup Anda.

8. Cari dukungan dari orang lain

Jangan ragu mencari dukungan. Keluarga, teman, atau mentor bisa menjadi sumber nasihat dan dukungan saat Anda berusaha mencapai keseimbangan antara karir dan kehidupan pribadi. “Mencapai keseimbangan antara karir dan kehidupan pribadi memang membutuhkan usaha dan komitmen,” seru Joko.

Ia menegaskan, Dengan menerapkan tips-tips di atas, bisa meningkatkan peluang untuk mencapai kesuksesan dalam karir dan menjalani kehidupan yang lebih seimbang.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement