Rabu 26 Jun 2024 18:43 WIB

Dua Laporan Media Ini Ungkap Fakta Seputar Tentara Israel yang Ditutup-tutupi

Tentara Zionis Israel menghadapi ancaman gangguan jiwa

Peti mati tentara Israel yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza saat dibawa saat pemakamannya di pemakaman militer Mount Herzl di Yerusalem, Selasa, 11 Juni 2024.
Foto:

Hamas masih bisa menyerang Israel; Hamas kemungkinan memiliki sekitar 15 ribu pejuang yang dimobilisasi-kurang lebih sepuluh kali lipat dari jumlah pejuang yang melakukan serangan 7 Oktober.

Selain itu, lebih dari 80 persen jaringan terowongan bawah tanah kelompok ini masih dapat digunakan untuk merencanakan, menyimpan senjata, dan menghindari pengawasan, penangkapan, dan serangan Israel.

Foreign Affairs pun berkesimpulan Setelah sembilan bulan perang yang melelahkan, kini saatnya untuk menyadari kenyataan pahit: tidak ada solusi militer saja untuk mengalahkan Hamas. Kelompok ini lebih dari sekadar jumlah pejuangnya saat ini.

Kelompok ini juga lebih dari sekadar ide yang menggugah. Hamas adalah sebuah gerakan politik dan sosial dengan kekerasan sebagai intinya, dan tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Strategi operasi militer besar-besaran Israel saat ini mungkin dapat membunuh beberapa pejuang Hamas, namun strategi ini hanya memperkuat ikatan antara Hamas dan masyarakat setempat.

Selama sembilan bulan, Israel telah melakukan operasi militer yang hampir tanpa batas di Gaza, dengan sedikit kemajuan yang nyata dalam mencapai tujuannya. Hamas tidak dikalahkan atau berada di ambang kekalahan, dan perjuangannya lebih populer dan daya tariknya lebih kuat daripada sebelum 7 Oktober.

Dengan tidak adanya rencana untuk masa depan Gaza dan rakyat Palestina yang dapat diterima oleh rakyat Palestina, para teroris akan terus kembali dan dalam jumlah yang lebih besar.

Namun, para pemimpin Israel tampaknya tidak lagi bersedia untuk menyusun rencana politik yang layak seperti sebelum 7 Oktober. Hanya ada sedikit akhir dari tragedi yang terus berlangsung di Gaza. Perang akan terus berlanjut, lebih banyak lagi warga Palestina yang gugur, dan ancaman terhadap Israel akan terus meningkat. 

Sementara itu, membaca laporan Aziz Mustafa semakin memperkuat pula temuan betapa rapuhnya tentara Zionis Israel.

Aziz berbicara tentang...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement