Senin 01 Jul 2024 14:15 WIB

Dipaksa Perang, Yahudi Ortodoks Israel Memberontak

Demonstrasi di Yerusalem diwarnai kekerasan.

Pria Yahudi ultra-Ortodoks membakar sampah saat protes menentang perekrutan tentara di Yerusalem pada Ahad, 30 Juni 2024.
Foto: AP Photo/Ohad Zwigenberg
Pria Yahudi ultra-Ortodoks membakar sampah saat protes menentang perekrutan tentara di Yerusalem pada Ahad, 30 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM – Ribuan demonstran ultra-Ortodoks melakukan aksi unjuk rasa yang diwarnai kekerasan sejak Ahad di Yerusalem. Mereka menentang wajib militer terhadap kelompok pelajar keagamaan Haredi yeshiva ke dalam militer.

Beberapa di antara para pengunjuk rasa melemparkan batu dan bentrok dengan polisi. Lima orang ditangkap dalam bentrokan, di mana pengunjuk rasa juga menyalakan api di jalan dan menyerang mobil Menteri Perumahan Rakyat Yitzhak Goldknopf.

Baca Juga

The Times of Israel melansir, para demonstran sebagian besar berasal dari fraksi ekstremis Yerusalem, yang beranggotakan sekitar 60.000 orang dan secara rutin melakukan demonstrasi menentang pendaftaran siswa yeshiva.

Kemarahan memuncak ketika isu wajib militer ultra-Ortodoks kembali menjadi agenda pemerintah dengan latar belakang serangan yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Haredim marah pada anggota parlemen mereka sendiri, yang sebagai anggota koalisi mendukung langkah baru-baru ini untuk menghidupkan kembali undang-undang dari parlemen sebelumnya, Reglasi itu  yang akan menurunkan usia pengecualian dari layanan wajib bagi siswa yeshiva ultra-Ortodoks dari 26 menjadi 21 tahun dan meningkatkan tingkat wajib militer mereka.

Para pengunjuk rasa pada Ahad membawa poster  bertuliskan, “Kami tidak akan bergabung dengan tentara musuh,” dan “Kami akan mati dan tidak mendaftar,” ketika mereka memblokir persimpangan yang mengarah ke kawasan ultra-Ortodoks di ibu kota.

photo
Polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan pria Yahudi ultra-Ortodoks yang memblokir jalan saat protes terhadap perekrutan tentara di Yerusalem, Ahad, 30 Juni 2024. - (AP Photo/Ohad Zwigenberg)

Beberapa pengunjuk rasa terlihat dalam rekaman menyerang sebuah mobil yang membawa Goldknopf, ketua partai ultra-Ortodoks United Torah Judaism (UTJ), saat ia dalam perjalanan pulang ke Yerusalem.

Menurut laporan media Ibrani, para demonstran melemparkan batu ke mobil menteri, memukuli kendaraan, dan melontarkan hinaan ketika ia lewat. Polisi turun tangan setelah beberapa menit dan mengevakuasi dia dari daerah tersebut.

Tidak lama kemudian, rumah mantan pemimpin dan menteri UTJ Yaakov Litzman juga diserang saat bertemu dengan para pengunjuk rasa, yang memecahkan kaca depan mobilnya. Dia diselamatkan oleh polisi, namun kemudian dikatakan bahwa mobilnya hancur.

Polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pengunjuk rasa juga melemparkan benda ke arah petugas dan membakar tong sampah. Menurut polisi, beberapa petugas terluka, termasuk seorang polisi wanita yang kepalanya terkena lemparan benda dan kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Petugas menggunakan metode pembubaran massa untuk membersihkan perusuh dari jalanan, menurut polisi. Gambar menunjukkan meriam air dikerahkan untuk melawan demonstran, dan petugas terlihat mendorong pengunjuk rasa.

Setelah malam tiba, massa bergerak menuju pusat Yerusalem karena kekerasan semakin meningkat. Polisi mengerahkan meriam air berisi air berbau busuk dan mengerahkan petugas untuk membubarkan massa. Dua orang ditangkap karena dicurigai menyerang petugas dan tiga orang ditangkap karena melempar batu dan benda.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement