Senin 01 Jul 2024 13:26 WIB

Paman Birin dan Acil Odah Sosialisasikan Keluarga Tangguh Bencana

Turun ke desa Paman Birin dan Acil Odah akan berlangung selama enam hari.

Gubernur H Sahbirin Noor atau Paman Birin dan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah atau akrab disapa Acil Odah, dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat melalui kegiatan turin ke desa (Turdes) ke X tahun 2024.
Foto: dokumen
Gubernur H Sahbirin Noor atau Paman Birin dan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah atau akrab disapa Acil Odah, dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat melalui kegiatan turin ke desa (Turdes) ke X tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH LAUT -- Ratusan warga Desa Kurau Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menyambut gembira kedatangan Gubernur H Sahbirin Noor atau Paman Birin dan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah atau akrab disapa Acil Odah, dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat melalui kegiatan turin ke desa (Turdes) ke X tahun 2024.

Turut ikut turdes dengan mengendarai motor roda dua unsur Forkpimda dan Sekda Kalsel serta sejumlah Kepala SKPD dalam rangka meyerap aspirasi masyarakat.

Baca Juga

Pada kegiatan dipusatkan di halaman Kantor Camat Kurau, Senin (1/7/2024) siang itu Paman Birin dan Acil Odah turut mensosialisasikan pentingnya pengenalan mitigasi bencana di lingkungan keluarga.

Menurut Paman Birin, setiap keluarga penting mengenal potensi bencana di lingkungan tempat tinggal masing masing, termasuk upaya pengurangan risiko atau dampak dari bencana.

Paman Birin sangat apresiasi atas program Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Kalsel dan Program Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) RI, bekerja sama dengan stakeholder termasuk PKK mengenalkan Program Keluarga Tangguh Bencana (Katana).

Ditambahkan Acil Odah, program Katana adalah salah satu bentuk edukasi penting yang harus diketahui masyarakat, seperti bagaimana mencegah terjadinya banjir, kekeringan dan kebakaran hutan atau lahan.

"Pengetahuan mitigasi harus kita perluas tidak hanya di lingkungan masyarakat umum, tetapi paling utama adalah memberikan edukasi di tingkat keluarga," terang Acil Odah.

Kamsiah warga Desa Kurau mengungkapkan kegembiraannya bisa bertemu langsung dengan Acil Odah dan Paman Birin.

Kamsiah juga mengaku terkesan dengan tambahan aksesori motor roda dua yang dikendari TIm BPBD Provinsi Kalsel, berupa iklan mobile dilengkapi lampu neon box bertuliskan Keluarga Tangguh Bencana dengan tiga informasi penting.

photo
Warga Desa Kurau mengungkapkan kegembiraannya saat bertemu langsung dengan Acil Odah dan Paman Birin. - (Dokumen)

Informasi itu pertama mencatat nomor telepon penting antara lain nomor telpon instansi penangulangan bencana, kedua menyiapkan tas siaga bencana dan ketiga mengetahui tempat aman berkumpul untuk keluarga di saat terjadi musibah bencana.

Dalam kunjungan ke Desa Kurau, Paman Birin dan Acil odah selain bersilaturahmi dengan masyarakat juga menyerahkan sejumlah bantuan. Turut hadir menyambut hangat kedatangan Paman dan Acil Odah, Pj Bupati Tanah Laut H Syqmsir Rahmqn dan Pj Ketua TP PKK Tanah Laut.

Direncanakan kegiatan turun ke desa Paman Birin dan Acil Odah akan berlangung selama enam hari dengan mengendarai motor roda dua dari Senin 1 Juli sampai Sabtu 6 Juli 2024.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement