Jumat 21 Jun 2024 19:32 WIB

Prancis Vs Belanda: Total Football Oranje Beradu Efektivitas Les Blues Dini Hari Nanti

Pemenang duel Belanda vs Prancis akan lolos ke babak 16 besar.

Pemain Belanda Cody Gakpo melepaskan tendangan ke gawang Polandia pada pertandingan Grup D turnamen sepak bola Euro 2024
Foto:

Apabila tanpa Mbappe, kata Griezmann, Les Bleus harus beradaptasi dengan baik. Seperti melawan Austria pada laga pertama, Prancis merespons pressing lawan dengan kekuatan fisik. "Akan ada pertandingan di mana kami membutuhkan hal itu, untuk bersikap responsif, dan tidak memberikan apa pun kepada lawan," katanya.

Seandainya Deschamps tak bisa menurunkan Mbappe sebagai starter, maka dia mungkin menginstal Olivier Giroud dalam posisi Mbappe pada sistem bermain 4-2-3-1.

Sepuluh pemain lainnya tetap menjadi starter Les Bleus, termasuk Griezmnan, Marcus Thuram dan Ousmane Dembele yang akan tetap paralel di belakang penyerang utama, sedangkan Adrien Rabiot dan N'Golo Kante masih menjadi poros permainan Prancis.

Theo Hernandez dan Jules Kounde juga tetap di kedua sayap pertahanan yang juga membantu Thuram dan Dembele di sayap serangan, selain menutup lebar pertahanan dengan mengapit William Saliba dan Dayot Upamecano dalam melindungi kiper Mike Maignan.

Di pihak Belanda, Koeman juga tetap menempatkan pemain-pemainnya dalam posisi seperti Deschamps menginstal para pemainnya. Itu artinya, Memphis Depay akan kembali menjadi ujung tombak seperti Giroud atau Mbappe di Prancis, dalam formasi 4-2-3-1.

Cody Gakpo dan Xavi Simons tetap mengapit Depay di kedua sisi serangan dengan posisi lebih mundur untuk sejajar dengan Tijjani Reijnders yang berdiri tepat di belakang Depay.

Joey Veerman dan Jerdy Schouten menjadi pengatur keseimbangan permainan Oranye sekaligus bertarung dengan duet Rabiot dan Kante di Prancis.

Nathan Ake dan Denzel Dumfries kembali bertanggung jawab di sayap pertahanan untuk mengapit Virgil van Dijk dan Stefan de Vrij di jantung pertahanan Oranye di depan kiper Bart Verbruggen.

Hampir semua pemain yang diturunkan kedua tim sangat akrab di telinga penggemar sepak bola global. Mereka dikenal tangguh di semua lini.

Prancis tanpa Mbappe jelas kabar baik bagi Belanda. Namun Reijnders berharap Mbappe segera pulih dari cedera patah tulang hidungnya dan bermain melawan timnya. "Saya harap dia akan baik-baik saja. Saya pikir, kita akan melihat Mbappe menggunakan masker. Mbappe adalah pemain hebat dan pesepak bola memang harus menghadapi cedera sebagai risiko," kata Reijnders dikutip AFP.

Reijnders menilai timnya harus bekerja keras jika ingin mengalahkan Prancis yang dilabeli sebagai tim favorit juara Piala Eropa tahun ini.

Kemerataan kekuatan antara kedua tim membuat hasil seri dalam pertandingan ini lebih besar ketimbang kemungkinan salah satu dari kedua tim memenangkan laga ini. Namun apa pun hasilnya, kedua tim tetap diunggulkan lolos dari fase grup.

Prediksi Starting XI Belanda vs Prancis

Belanda (4-2-3-1)

Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Aké; Schouten, Veerman; Gakpo, Reijnders, Simons; Depay

Pelatih: Ronald Koeman

Prancis (4-2-3-1)

Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernandez; Rabiot, Kante; Dembele, Griezmann, Thuram; Giroud

Pelatih: Didier Deschamps

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement