Jumat 21 Jun 2024 19:32 WIB

Prancis Vs Belanda: Total Football Oranje Beradu Efektivitas Les Blues Dini Hari Nanti

Pemenang duel Belanda vs Prancis akan lolos ke babak 16 besar.

Pemain Belanda Cody Gakpo melepaskan tendangan ke gawang Polandia pada pertandingan Grup D turnamen sepak bola Euro 2024
Foto: Sina Schuldt/dpa via AP
Pemain Belanda Cody Gakpo melepaskan tendangan ke gawang Polandia pada pertandingan Grup D turnamen sepak bola Euro 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laga kelas berikutnya akan tersaji di panggung Euro 2024. Belanda dan Prancis akan berhadapan pada laga kedua Grup D di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu (22/6/2024) pukul 02.00 dini hari WIB.

Kedua tim sudah mengantongi tiga poin. Belanda mendapatkannya setelah mengalahkan Polandia 2-1, sedangkan Prancis meraihnya setelah menang tipis 1-0 dari Austria.

Baca Juga

Pemenang laga ini belum pasti menjuarai grup karena masih tergantung hasil laga Polandia vs Austria yang kick-off tiga jam lebih awal. Namun jika apes, pemenang laga Oranje versus Les Bleus bisa saja turun ke posisi ketiga jika kalah pada laga terakhir yang memungkinkan tiga tim sama-sama mengoleksi nilai enam di klasemen akhir Grup D.

Hanya, dengan slot ke babak 16 besar juga diberikan kepada empat tim peringkat tiga terbaik, maka tim dengan nilai enam sudah dipastikan akan lolos ke babak gugur. Sebab dari Grup A sampai C yang sudah melakoni dua pertandingan, tidak ada satu pun tim peringkat ketiga mereka yang akan mampu mencapai nilai enam.

Ini artinya, pemenang duel Belanda vs Prancis akan mengamankan tiket ke babak 16 besar terlepas nantinya akan lolos sebagai juara grup, runner-up, atau peringkat ketiga terbaik.

Pertandingan di kandang RB Leipzig ini adalah pertemuan keempat antara kedua tim dalam Piala Eropa.

Prancis memenangkan pertemuan pertama pada perempat final Euro 1996 yang dilewati dengan adu penalti. Belanda membalasnya, berturut-turut dalam fase grup Euro 2000 dan Euro 2008.

Lalu, dari delapan pertemuan terakhir dalam semua kompetisi, Les Bleus menang tujuh kali atas Oranje, sedangkan Belanda hanya menang satu kali dalam pertandingan UEFA Nations League pada November 2018.

Kedua tim hampir selalu saling mengalahkan dalam 30 laga keduanya sepanjang masa. Dari jumlah itu, hanya empat pertandingan yang berakhir sesi. Prancis menang 15 kali, sedangkan Belanda menang 11 kali.

Dari statistik itu, Prancis terlihat memiliki riwayat lebih baik yang membuatnya memiliki kemungkinan menang yang lebih besar di Leipzig nanti.

Sebaliknya, jika melihat riwayat pertemuan mereka dalam ajang Piala Eropa, Belanda-lah yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk menang.

Lalu, jika statistik pertandingan terakhir kedua tim sewaktu mengalahkan Polandia dan Austria, Belanda juga yang lebih baik dibandingkan dengan Prancis. Oranje menciptakan 21 peluang yang 4 di antaranya tepat sasaran dan menguasai 66 persen distribusi bola sewaktu mengalahkan Polandia. Sementara Les Bleus kalah penguasaan bola dari Austria tapi menciptakan 14 peluang yang 3 di antaranya tepat sasaran.

Dari sana...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement