Kamis 20 Jun 2024 10:13 WIB

Sejarah Panjang Jepang dan Perjuangan Palestina

Jepang masih aktif menyalurkan bantuan ke Palestina belakangan.

Pendiri Tentara Merah Jepang Fusako Shigenobu. Fusako mendalangi sejumlah pembajakan pesawat untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.
Foto:

Jepang juga secara aktif memberikan bantuan kepada Palestina. Selama periode 1993–2002, bantuan ekonomi diberikan sebesar 630 juta dolar AS, dengan rata-rata tahunan sebesar 85 juta dolar AS melalui UNRWA, Program Pembangunan PBB, dan UNICEF.

Selama Juli 2023, pasukan Israel berulang kali menyerang kamp pengungsi Jenin, melukai dan membunuh warga sipil Palestina yang tidak bersalah serta menghancurkan rumah mereka. Sebulan kemudian, pada 15 Agustus, pemerintah Jepang memutuskan memberikan bantuan hibah darurat sebesar 1 juta dolar AS melalui UNRWA untuk mendukung kamp Jenin.

Dilansir situs resmi UNRWA, pada bulan September 2016, lembaga PBB itu dan perusahaan retail pakaian Jepang Uniqlo menandatangani perjanjian kemitraan untuk meningkatkan kualitas hidup lebih dari 450.000 pengungsi Palestina di Lebanon. Uniqlo menyediakan 42.000 potong pakaian musim dingin kepada anak-anak pengungsi yang paling rentan dan keluarga mereka. 

Melalui Inisiatif Daur Ulang Seluruh Produk, Uniqlo dan perusahaan induknya Fast Retailing telah mengumpulkan lebih dari 32 juta item sejak 2001 untuk memberi manfaat bagi orang-orang yang membutuhkan.

Fast Retailing menyumbangkan sekitar 43 ribu potong  pakaian musim dingin merek Uniqlo kepada UNRWA di 2017. Sumbangan ini ditujukan untuk sekitar 21.500 pengungsi Palestina yang miskin (40 persen diantaranya berasal dari Suriah) yang tinggal di sembilan kamp pengungsi Palestina di Lebanon.

photo
Warga Jepang melakukan protes atas keterlibatan Itochu Corp dengan Israel di Tokyo, Desember 2023 lalu. - (ANJ)

Terkait serangan Israel ke Gaza yang digugat sebagai genosida sejak Oktober 2023, perusahaan pertahanan dan penerbangan Jepang, Itochu Aviation memutuskan untuk mengakhiri pakta kerjasama dengan perusahaan teknologi militer dan peralatan pertahanan Israel, Elbit Systems. 

“Saat ini kami telah menangguhkan segala kegiatan baru yang terkait dengan nota kesepahaman dan berencana untuk mengakhiri nota kesepahaman tersebut pada akhir Februari,” kata CEO Itochu Aviation, Hachimura Tsuyoshi, saat mengumumkan penghentian kerja sama dengan Elbit Systems, Selasa (6/2/2024), dikutip laman Middle East Monitor.

Di Amerika Serikat, puluhan diaspora Jepang juga membentuk Nikkei 4 Palestine. "Nikkei" artinya adalah warga keturunan Jepang. Koalisi tersebut telah menghubungi politisi di seluruh AS dan Kanada lebih dari 400 kali melalui telepon, email, surat dan faksimili sejak November, menurut Yoshino Goto, salah satu anggota kelompok tersebut. Beranggotakan lebih dari 70 orang, Nikkei 4 Palestina dibentuk sebagai respons terhadap perang yang telah menewaskan lebih dari 37.000 warga Palestina sejak 7 Oktober.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement