Ahad 02 Jun 2024 15:28 WIB

Workshop Edutech Universitas BSI Pontianak: Pelatihan Buat Video Pembelajaran Inovatif

AI menawarkan kegunaan bagi guru, yang dapat meningkatkan efektivitas pengajaran

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali mengukuhkan dirinya sebagai Kampus Digital Kreatif dengan menyelenggarakan Workshop Edutech yang mengangkat tema  Transformasi Digitalisasi Dunia Pendidikan melalui Pemanfaatan AI: Membuka Peluang dan Tantangan Baru. Acara yang berlangsung pada Rabu, (29/5/2024), di aula Kampus Pontianak Universitas BSI ini berhasil menarik perhatian para guru.
Foto: dok UBSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali mengukuhkan dirinya sebagai Kampus Digital Kreatif dengan menyelenggarakan Workshop Edutech yang mengangkat tema Transformasi Digitalisasi Dunia Pendidikan melalui Pemanfaatan AI: Membuka Peluang dan Tantangan Baru. Acara yang berlangsung pada Rabu, (29/5/2024), di aula Kampus Pontianak Universitas BSI ini berhasil menarik perhatian para guru.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali mengukuhkan dirinya sebagai Kampus Digital Kreatif dengan menyelenggarakan Workshop Edutech yang mengangkat tema  "Transformasi Digitalisasi Dunia Pendidikan melalui Pemanfaatan AI: Membuka Peluang dan Tantangan Baru". Acara yang berlangsung pada Rabu, (29/5/2024), di aula Kampus Pontianak Universitas BSI ini berhasil menarik perhatian para guru. 

Sebagai narasumber utama, Weiskhy Steven Dharmawan, praktisi AI memberikan wawasan yang mendalam tentang peran penting kecerdasan buatan (AI) dalam transformasi pendidikan saat ini. Ia mengatakan peran AI sudah sudah masuk hampir di semua bidang, mulai dari kesehatan, transportasi, manufaktur, keuangan, hingga salah satunya pendidikan. 

"AI menawarkan banyak kegunaan bagi para guru, yang dapat meningkatkan efektivitas pengajaran dan mendukung proses belajar-mengajar. Pembuatan Video Pembelajaran, Pembuatan Materi, Pembuatan RPP , Pengelolaan Data siswa, Penilaian Otomatis, Analisis pengajaran dan lainnya," kata Weiskhy. 

Menurutnya, peran AI dalam pendidikan adalah menyediakan pembelajaran yang lebih kreatif dan menyesuaikan dengan gaya belajar, tingkat kemampuan para peserta didik. AI Juga membantu guru dalam menilai kemajuan siswac dengan lebih akurat karna terdapat beberpa platform yang bisa di gunakan berbasis teknologi. 

 

Weiskhy menjelaskan bahwa salah satu aplikasi AI yang paling menonjol dalam konteks pendidikan adalah pembuatan video pembelajaran. Dalam workshop tersebut, Weiskhy mempraktekkan penggunaan beberapa tools AI, seperti InVideo dan ChatGPT, untuk pembuatan video pembelajaran yang menarik dan efektif.

"Pembuatan video pembelajaran menggunakan teknologi AI menawarkan beberapa keuntungan signifikan bagi pendidik. Pertama, video pembelajaran memungkinkan penyajian materi secara visual dan interaktif, yang dapat meningkatkan pemahaman siswa," jelas Weiskhy.

Kegiatan ini berhasil menuai respon positif dari para guru, salah satunya Nopita Sari dari SMK Mandiri Pontianak yang mengaku kegiatan ini sangat menambah ilmu dan bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan. 

"Waktu yang diberikan untuk workshop terasa kurang panjang, karena begitu seru membuat waktu terasa berlalu begitu cepat. Sehingga saya harap kedepannya, durasi workshop bisa ditambah, atau dibuat secara berkelanjutan, karena workshop ini sangat luar biasa," ujarnya antusias. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement