Selasa 28 May 2024 23:33 WIB

Kebakaran Dominasi Bencana di DKI Jakarta Hingga Mei 2024

Sejak awal 2024, telah terjadi 242 kasus kebakaran di DKI Jakarta.

Kebakaran (ilustrasi). BPBD DKI Jakarta mengungkapkan kebakaran masih mendominasi bencana di Jakarta.
Foto: Antara
Kebakaran (ilustrasi). BPBD DKI Jakarta mengungkapkan kebakaran masih mendominasi bencana di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan kebakaran masih mendominasi bencana di Jakarta. Sejak awal tahun ini tercatat sudah 242 kasus kebakaran terjadi di DKI Jakarta.

"Dari awal tahun sampai sekarang masih didominasi kebakaran paling banyak," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan, selain kebakaran memang terjadi bencana lainnya seperti banjir dan pohon tumbang, akan tetapi frekuensinya tidak seperti kebakaran yang bisa terjadi sepanjang tahun. Sedangkan kejadian pohon tumbang atau banjir, kata Yohan, hanya terjadi ketika musim hujan maupun angin kencang sehingga frekuensi tidak terlalu sebanyak bencana kebakaran.

"Akan tetapi untuk bencana banjir banyak menyita waktu dan tenaga," ujarnya.

 

Dengan masih banyaknya kebakaran di DKI, pihaknya terus berupaya memberikan pemahaman kepada warga terkait pencegahan atau mitigasi. Salah satunya dengan memeriksa semua kabel yang ada agar dapat berstandar SNI hal ini untuk meminimalkan adanya korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran.

Ia menjelaskan dari 242 kejadian kebakaran terbanyak terjadi di Jakarta Timur dengan 69 kejadian kemudian disusul Jakarta Barat 67 kasus. "Jakarta Selatan 44 kejadian, Pusat 35 kejadian, dan Jakarta Utara 27 kejadian," ujarnya.

BPBD DKI Jakarta mendata pada 2023 kebakaran mencapai 800 kali lebih yang tercatat dan ditangani. Sementara dari data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI, kejadian kebakaran pada periode yang sama lebih dari 5.000 kasus.

Perbedaan data tersebut karena BPBD hanya menghitung jumlah kebakaran yang menimbulkan korban maupun pengungsi. Sedangkan Damkar mendata semua kejadian kebakaran yang ditangani mereka.

"Ada perbedaan data dengan pemadam. Kami menghitung apabila terdapat korban atau penyintas," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement