Kamis 25 Apr 2024 18:44 WIB

Shin Tae-Yong tak Gembira Lawan Korsel, Siapkan yang Terbaik untuk Skuad Garuda

Shin Tae-yong akui melawan Korsel jadi laga yang sulit bagi dirinya secara emosional.

Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong
Foto:

Indonesia kini tengah berupaya menciptakan sejarah baru setelah sebelumnya mampu menorehkan rekor dengan lolos dari fase grup Piala Asia U-23. Dalam perjalanannya menembus partai final Piala Asia U-23 2024, Indonesia menjadi runner-up Grup A setelah mengamankan enam poin dari tiga laga yang dilalui.

Sempat menelan kekalahan menyakitkan dari Qatar dengan skor 0-2, Skuad Garuda Muda mampu bangkit dan menorehkan kemenangan atas Australia 1-0 serta Yordania 4-1. Jelang menghadapi Korea Selatan, Indonesia diyakini akan melakoni partai berat.  

Pertandingan Indonesia kontra Korea Selatan ini akan menjadi partai pembuktian bagi seorang Shin Tae-yong yang sebelumnya mampu menciptakan banyak sejarah bersama Timnas Indonesia, baik di level senior ataupun kelompok umur.  Pada Januari lalu, Timnas Indonesia senior bersama STY mampu menciptakan sejarah dengan menembus fase gugur Piala Asia 2023, meskipun pada akhirnya langkah mereka terhenti di babak 16 besar setelah dihancurkan Australia 0-4.

Semua pecinta sepak bola tanah air tentu berharap pelatih berusia 53 tahun tersebut dapat kembali menciptakan sejarah, meski dengan cara menyingkirkan negara asalnya. Jelang pertemuan kedua negara, tercatat Korea Selatan dominan atas Indonesia, dari level kelompok umur hingga senior.

Pada level U-23, kedua negara baru sekali bertemu dan Korea Selatan mampu keluar sebagai pemenang dengan skor 4-0 pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2016. Sementara itu secara keseluruhan, Indonesia telah bertemu dengan Korea Selatan sebanyak tujuh kali dan semuanya mampu dimenangkan oleh The Taeguk Warriors.

Selain dari rekor pertemuan antara kedua negara, pelatih Korea Selatan Hwang Sun-hong memiliki rekor yang lebih baik atas pelatih Indonesia Shin Tae-yong. Kedua pelatih pernah bertemu ketika keduanya menangani klub di Korea Selatan dan tercatat telah bertemu 12 kali, di mana Hwang mampu mengamankan lima kemenangan, sementara Shin hanya menorehkan dua hasil sempurna, sedangkan lima lainnya berakhir dengan hasil imbang.

Pertandingan antara Indonesia kontra Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 ini akan menjadi pertemuan pertama antara kedua pelatih di level negara.

Mental akan menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan siapa yang akan keluar sebagai pemenang. Indonesia yang secara mengejutkan lolos ke babak perempat final, tentu kini dalam kondisi mental yang baik dan memiliki keyakinan untuk melanjutkan kejutan mereka.

Meskipun begitu, faktor mental ini perlu dikendalikan dengan baik oleh Shin Tae-yong agar tidak menjadi bumerang untuk Skuad Garuda Muda. Sementara itu, Korea Selatan tentu tengah dalam kondisi mental yang baik juga, meskipun ada beban berat yang dipikul oleh Kim Min-woo serta kolega.

Berstatus sebagai salah satu unggulan untuk menjuarai turnamen ini, Korea Selatan dituntut mampu mengalahkan Indonesia dengan permainan yang memikat. Jika pada pertandingan nanti Indonesia dapat membuat masalah untuk Korea Selatan, hal itu sedikit banyak diyakini akan mempengaruhi mental dari The Taeguk Warriors.

Prediksi susunan pemain

Indonesia diperkirakan akan kembali menerapkan formasi 3-4-3, serupa dengan yang biasa Shin Tae-yong terapkan dalam pertandingan ssbelumnya. Pada posisi penjaga gawang akan ditempati Ernando Ari Sutaryadi, sedangkan tiga bek dihuni Rizky Ridho, Muhammad Ferrari dan Justin Hubner.

Posisi dua wing back akan ditempati Fajar Faturrahman dan Pratama Arhan, sedangkan duo gelandang dihuni Nathan Tjoe-A-On dan Ivar Jenner. Trio lini depan akan dihuni Witan Sulaeman, Rafael Struick dan Marselino Ferdinan.

Indonesia juga kembali dapat menurunkan penyerang tajam Ramadhan Sananta yang sudah kembali dari hukuman kartu merah yang ia dapatkan pada laga kontra Qatar. Sementara itu, Hwang Sun-hong diperkirakan akan menggunakan formasi 4-3-3 ketika menghadapi Indonesia dengan kembali mengandalkan kiper Kim Jeong-hoon.

Empat pemain belakang Korea Selatan diperkirakan diisi oleh Hwang Jae-won, Seo Myung-gwan, Byun Joon-soo, Lee Tae-seok. Selanjutnya tiga gelandang diisi oleh Paik Sang-hoon, Kim Min-woo, Kang Sang-yoon, lalu tiga pemain depan dihuni Eom Ji-sung, Kang Seong-jin; Lee Young-joon.

Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Justin Hubner; Fajar Faturrahman, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

 

Korea Selatan (4-3-3): Kim Jeong-hoon; Hwang Jae-won, Seo Myung-gwan, Byun Joon-soo, Lee Tae-seok; Paik Sang-hoon, Kim Min-woo, Kang Sang-yoon; Eom Ji-sung, Kang Seong-jin; Lee Young-joon.

Pelatih: Hwang Sun-hong (Korea Selatan)

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement