Kamis 25 Apr 2024 18:44 WIB

Shin Tae-Yong tak Gembira Lawan Korsel, Siapkan yang Terbaik untuk Skuad Garuda

Shin Tae-yong akui melawan Korsel jadi laga yang sulit bagi dirinya secara emosional.

Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong
Foto: dok PSSI
Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong

REPUBLIKA.CO.ID, Laga perempat final Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia melawan Korea Selatan (Korsel) akan tersaji pada Jumat (26/4/2024) dini hari pukul 00.30 WIB. Sehari sebelum laga, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui ini menjadi laga yang berat buat dirinya secara emosional.

“Ini adalah pengalaman pertama saya untuk bermain melawan negara saya sendiri, dan sejujurnya ini sulit bagi saya. Jika saya tidak pernah melatih timnas Korea Selatan, mungkin tidak sesulit ini,” kata Shin dalam konferensi pers jelang laga.

Baca Juga

“Saya melatih timnas U-23, U-20, dan senior Korsel. Saya hanya memikirkan menyanyikan lagu kebangsaan bersama pemain Korsel lainnya, saat itu saya melakukan yang terbaik untuk melawan negara lain bersama timnas Korsel. Maka ini benar-benar berat bagi saya,” tambahnya.

Sebelum berakhirnya fase Grup B, Shin berharap tim asuhannya yang lolos ke perempat final sebagai tim peringkat kedua Grup A akan bertemu Jepang yang diperkirakan akan menjadi juara grup. Namun, Korsel kemudian lolos sebagai juara Grup B untuk ditantang Indonesia.

“Mengenai perasaan saya, pelatih mereka (Hwan Sung-hon) dan juga Korsel adalah negara saya sendiri. Saya hanya ingin bertemu negara saya di final, itulah yang saya pikirkan sebelum kompetisi. Tapi itu tidak terjadi, maka perasaan saya berat, tidak benar-benar gembira, tapi olahraga adalah olahraga, pertandingan adalah pertandingan. Kami akan melakukan yang terbaik untuk besok,” kata Shin.

Sementara itu, pelatih Korea Selatan U-23 Hwang Sun-hong mengatakan kehadiran Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala Indonesia U-23 menjadi salah satu kekuatan penting Garuda Muda. Hwang meminta anak-anak asuhnya untuk tidak jemawa dan tetap mewaspadai Indonesia. Hal ini perlu mereka lakukan untuk memuluskan ambisi Korea Selatan kembali tampil pada ajang Olimpiade.

"Shin Tae-yong melatih mereka adalah salah satu kekuatan tim mereka, dia telah melatih mereka sejak lama dan mereka terorganisir dengan baik dan solid. Semua striker mereka juga bertalenta namun daripada memikirkan kekuatan lawan kami, kami harus mempersiapkan diri dengan baik dan memainkan gaya sepak bola kami sendiri besok," ungkap Hwang.

"Kami akan berusaha mengendalikan ruang dan tidak membiarkan mereka mengeksploitasinya dan menjaga kekompakan semaksimal mungkin. Ini adalah pertandingan yang sangat penting bagi kami berdua. Terlepas dari siapa pun yang memulai, kami akan mempersiapkan diri sebagai sebuah tim dan terus memiliki tekad dan kemauan yang sama untuk memenangkan pertandingan," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement