Ahad 14 Apr 2024 11:02 WIB

Satgas Pamtas Yonif 122 Gencarkan Razia di Perbatasan Papua Nugini

Razia dilaksanakan guna mencegah penyelundupan peredaran barang terlarang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Satgas Pamtas RI-PNG RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti Pos Sawiyatami memeriksa pengendara yang melintas.
Foto: Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti
Petugas Satgas Pamtas RI-PNG RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti Pos Sawiyatami memeriksa pengendara yang melintas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti Pos Sawiyatami gencar melakukan razia kendaraan di jalan lintas Trans Papua, tepat di depan Pos Sawiyatami, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua.

​​​​​​Wakil Komandan Pos Sawiyatami, Serda Rahmat Andika Sitorus mengatakan, razia kendaraan yang melintas di jalan tersebut merupakan salah satu tugas pokok Satgas Pamtas yang dilaksanakan guna mencegah penyelundupan peredaran barang terlarang.

Baca: Menghadapi Brutalnya OPM Harus dengan Kekuatan Militer

"Setiap pengendara yang lewat kami mengecek identitas dan barang bawaan baik kendaraan roda empat maupun roda dua," katanya dalam siaran pers di Kota Jayapura, Ahad (14/4/2024).

Menurut Andika, selain melakukan pemeriksaan identitas setiap pelintas, petugas juga terus mengingatkanmereka  agar selalu menggunakan helm saat berkendara. Hal itu demi menjaga keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

"Dalam melaksanakan pemeriksaan apabila ditemukan barang yang terlihat mencurigakan akan diturunkan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap barang tersebut," ujarnya.

Baca: Kronologi TNI-Polri Habisi Pimpinan KKB Abubakar Kogoya di Mimika

Andika menjelaskan seperti yang disampaikan Dansatgas Letkol Inf Diki Apriyadi jika tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti ialah menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG dengan mengedepankan bidang pengamanan dengan melaksanakan pemeriksaan jalan lintas. Selain itu, juga patroli patok dan jalur perlintasan ilegal untuk mencegah penyusupan dan penyeludupan.

"Sehingga tujuan razia ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di Kampung Sawiyatami yang merupakan kampung binaan dari Pos Sawiyatami," kata Andika.

Dia berharap, dengan adanya razia itu dapat menutup dan mempersempit pergerakan para pelaku ilegal maupun tindakan kriminal guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan ke Papua Nugini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement