Jumat 05 Apr 2024 11:18 WIB

M Tonny Harjono, Eks Ajudan Presiden Jokowi Resmi Jadi KSAU

Jokowi juga menaikkan pangkat Mohamad Tonny Harjono dari Marsdya ke Marsekal.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
KSAU ke-24 Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono.
Foto: Republika.co.id
KSAU ke-24 Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024). Jokowi juga menaikkan pangkat Tonny Harjono satu tingkat, dari Marsdya menjadi Marsekal TNI.

Pelantikan Marsdya Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU ke-24 tertuang dalam Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan KSAU dan Keputusan Presiden Nomor 26/TNI Tahun 2024 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Baca: Pidato Perpisahan KSAU: Pemimpin Kesatria tidak Lari Saat Hadapi Masalah

Prosesi pelantikan kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan oleh Presiden Jokowi kepada Marsekal Tonny Harjono. Dipandu oleh Jokowi, Tonny kemudian mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Tonny mengikuti sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Baca: Keponakan SBY Sekaligus Danbrigif 18/Trisula Kini Sandang Pangkat Kolonel

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan. Prosesi pelantikan ini diakhiri dengan pengucapan selamat dari Presiden Jokowi dan para pejabat yang hadir.

Pelantikan ini turut dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menpora Dito Ariotedjo.

Baca: Panglima TNI Mutasi Dansesko TNI serta Dirjen Strahan dan Pothan Kemenhan

Adapun Marsdya M Tonny Harjono merupakan eks ajudan Presiden Jokowi dan Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres). Selain dikenal penerbang pesawat tempur F-16 dan Sukhoi, ia pernah menjabat Danlanud Adi Soemarmo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement