Selasa 26 Mar 2024 14:32 WIB

Jokowi Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil di Pasar Salakan, Sulteng

Harga beras di Pasar Salakan, Banggai Kepulauan berada di angka Rp 13 ribu per kg.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Selasa (26/3/2024). Usai meninjau sejumlah bahan pokok, Jokowi menyebut, harga di Pasar Salakan masih terpantau baik.

"Ya masyarakat di Kabupaten Banggai Kepulauan sangat ramah, sangat baik dalam menyambut kami semuanya dan tadi saya cek harga-harga kebutuhan pokok juga baik," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers.

Baca: Yuk Ikut Mudik Gratis ke Semarang dan Surabaya Naik Kapal Perang

Dia menyebut, harga beras sudah berada di angka Rp 13 ribu per kilogram (kg). Sedangkan bawang merah Rp 35 ribu per kg. Namun harga bawang putih justru terpantau tinggi yang mencapai Rp 60 ribu per kg.

Meski demikian, Jokowi menilai, kondisi harga bahan pokok secara keseluruhan masih baik. "Beras ada yang Rp 13 ribu (per kilogram), SPHP dari Bulog juga tersedia di sini, bawang merah Rp 35 ribu, bawang putih memang yang agak mahal bawang putih Rp 60 ribu. Tetapi secara umum saya kira harga di sini baik," kata Jokowi.

Salah seorang pedagang di pasar, Mar'ah mengatakan, harga beras bervariasi antara Rp 13 ribu-Rp 15 ribu per kg, tergantung merek dan kualitasnya."Tanya harga beras, per liter ada yang 15 (ribu rupiah) sintanur. Kalau superwin Rp 14 (ribu), kadang Rp 13,5 (ribu)," ujarnya.

Turut mendampingi Jokowi saat meninjau Pasar Salakan, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir, dan Penjabat Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement