Selasa 26 Mar 2024 09:31 WIB

Tak Masalah Temui Prabowo, Hasto: Megawati Tetap Persoalkan Konstitusi dan Demokrasi

Sekjen PDIP Hasto sebut Megawati tak masalah bertemu dengan Prabowo Subianto.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (kiri) bersalaman dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan). Sekjen PDIP Hasto sebut Megawati tak masalah bertemu dengan Prabowo Subianto.
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (kiri) bersalaman dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan). Sekjen PDIP Hasto sebut Megawati tak masalah bertemu dengan Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa hubungan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto secara personal tidak ada masalah. Hal tersebut disampaikannya dalam menjawab wacana Prabowo yang ingin menemui Ketua Umum PDIP itu.

Namun, ia menjelaskan bahwa Megawati adalah sosok yang memiliki rekam jejak dalam memperjuangkan konstitusi dan melawan otoriter. Karenanya jika adanya pertemuan dengan Prabowo, persoalan konstitusi dan demokrasi akan tetap dipersoalkan Presiden ke-5 Republik Indonesia itu.

Baca Juga

"Terhadap demokrasi, terhadap keadilan rakyat, kedaulatan rakyat di dalam menentukan pemimpinnya, akan tetap menjadi tema-tema sentral yang harus disuarakan oleh PDI Perjuangan. Jadi kalau bertemu ya tidak ada masalah, tetapi hal-hal yang sangat fundamental tadi tetap akan dipersoalkan oleh PDI Perjuangan," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (25/3/2024).

"Kita masih menunggu hasil dari MK, sehingga tidak ada persoalan pertemuan-pertemuan itu dilakukan. Demikian pula antara Pak Prabowo dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, tidak ada persoalan dalam perspektif pribadi, sambungnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan bahwa Prabowo Subianto ingin mengedepankan persatuan usai selesainya pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Hal tersebutlah yang melandasi Prabowo untuk langsung bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Ditanya, apakah Prabowo juga akan merangkul Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri? Ia hanya menjawab bahwa keduanya memiliki hubungan yang baik.

"Pak Prabowo dengan Ibu Mega punya hubungan yang amat baik, dalam berbagai event pemilu-pemilu sebelumnya juga terbukti. Walaupun pernah berkontestasi, kemudian juga hubungan ketegangan mencair dan hubungan baik kembali berlanjut," ujar Habiburokhman di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

"Begitu juga saat ini, kalau saya prediksi InsyaAllah lah ya akan terbangun komunikasi yang akan semakin baik dengan PDIP dan Ibu Mega," sambungnya.

Ia bahkan mengungkapkan salah satu pernyataan Prabowo dalam rapat internal Partai Gerindra. Dalam forum tersebut, Menteri Pertahanan (Menhan) itu mengatakan bahwa dirinya sangat menghormati Megawati.

"Pak Prabowo kan sangat menghormati Ibu Mega, bahkan terakhir di rapat internal kami, kalau nggak salah kami dipanggil Dewan Pembina itu ke Kertanegara. Ya Pak Prabowo menyatakan ya beliau sangat menghormati ya Ibu Megawati," ujar Habiburokhman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement