Senin 25 Mar 2024 17:09 WIB

Hujan Disertai Angin Kencang Berpotensi Guyur Sumut Beberapa Hari ke Depan

Hujan lebat dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologi lain.

Pengendara sepeda motor melintasi jalan yang terendam banjir di Medan, Sumatera Utara, Senin (25/9/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Pengendara sepeda motor melintasi jalan yang terendam banjir di Medan, Sumatera Utara, Senin (25/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara hingga beberapa hari ke depan yang dapat memicu bencana banjir dan tanah longsor.

Prakirawan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah 1 Medan Endah Paramita, Senin (25/3/2024), menyebutkan dalam beberapa hari ke depan sebagian wilayah Sumatera Utara diprakirakan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Baca Juga

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang itu dapat terjadi di wilayah lereng barat, pantai barat dan pegunungan Sumatera Utara.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai oleh masyarakat karena dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologi lainnya," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Sibolga, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan di Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padang Lawas, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16-34,0 derajat Celsius, kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari timur laut-timur dengan kecepatan 10-30 Km/jam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement