Rabu 20 Mar 2024 16:19 WIB

BRIN Tekan Perjanjian Kolaborasi Luar Angkasa dengan Indian Space Research Organisation

Indonesia-India jalin kolaborasi baru sektor luar angkasa.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko. BRIN jalin kolaborasi baru dengan dengan Indian Space Research Organisation (ISRO).
Foto:

Kolaborasi itu disebutkan menandai tonggak penting dalam penguatan kerja sama bilateral antara India dan Indonesia setelah penandatanganan Perjanjian Kerangka Kerja Antarpemerintah tentang Kerja Sama Eksplorasi dan Penggunaan Luar Angkasa untuk Tujuan Damai. Kesepakatan itu ditandatangani saat kunjungan Perdana Menteri Narendra Modi pada Mei 2018 di Jakarta.

Perjanjian Kerangka Kerja mengatur pengalihan hak milik, termasuk operasi lebih lanjut dan pengelolaan TTC oleh ISRO, serta dukungan layanan peluncuran satelit ke Indonesia setiap lima tahun dan pendirian stasiun bumi lain di Biak-3. Stasiun TTC pertama di Biak didirikan pada 1999.

Pada 2002, kedua negara menandatangani nota kesepahaman yang lebih luas untuk kerja sama antariksa. Kemudian, TTC kedua didirikan pada 2005. Dengan ditandatanganinya perjanjian tersebut, kerja sama luar angkasa India-Indonesia diharapkan semakin meningkat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement