Jumat 03 May 2024 15:41 WIB

BRIN: Kenaikan Suhu Pengaruhi Produktivitas Tanaman Pangan

Petani bisa menanam varietas yang tahan terhadap suhu tinggi.

Buruh tani mencabut bibit padi dari persemaian untuk persiapan tanam di Desa Baluase, Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (29/11/2023).
Foto: Antara/Basri Marzuki
Buruh tani mencabut bibit padi dari persemaian untuk persiapan tanam di Desa Baluase, Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (29/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengingatkan kembali ihwal dampak peningkatan suhu udara terhadap sektor pertanian di Indonesia.

 

Baca Juga

Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN Yudhistira Nugraha mengatakan kenaikan suhu dapat mempengaruhi produktivitas tanaman pangan.

 

"Laju evaporasi lebih tinggi, sehingga air lebih banyak hilang dan laju transpirasi juga meningkat, yang membuat tanaman lebih banyak membutuhkan air," ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

 

Yudhistira menjelaskan saat malam hari jika suhu meningkat akan ada kompensasi hasil fotosintesis yang akan dibuang melalui transpirasi sehingga hasil panen menurun.

Pada tanaman tertentu seperti padi, fase yang paling sensitif pada suhu tinggi lebih dari 35 derajat Celsius adalah saat primodial, pembungaan. Suhu tinggi dapat menyebabkan keguguran polen atau serbuk sari sehingga tanaman menjadi hampa.

 

Bentuk mitigasi yang dapat dilakukan petani adalah menanam varietas yang tahan terhadap suhu tinggi. Saat ini, belum banyak dilakukan pemuliaan padi yang toleran suhu tinggi.

Namun, ada beberapa varietas yang sudah dilepas dari program penelitian cekaman suhu tinggi, yaitu Inpari Digdaya (tetuanya varietas dular yang tahan suhu tinggi).

 

"Karena di Indonesia tidak ada cekaman suhu tinggi untuk saat ini. Tidak seperti di negara-negara tropis yang lebih dari 11 derajat lintang utara— maka belum terbukti adaptasinya," kata Yudhistira.

 

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, gelombang panas atau heatwave tengah melanda beberapa negara di kawasan Asia, seperti Filipina, Thailand, India, hingga Bangladesh.

 

Fenomena gelombang panas merupakan siklus rutin yang terjadi setiap tahun saat matahari bergerak ke belahan bumi. Radiasi matahari menyebabkan pemanasan di permukaan bumi, sehingga menimbulkan gelombang panas di wilayah daratan.

 

Yudhistira mengungkapkan meski peningkatan suhu udara terjadi di sejumlah negara Asia dan menyebabkan kerusakan terhadap lahan-lahan pertanian, namun belum ada laporan dampak fenomena itu ke Indonesia.

 

"Mungkin karena Indonesia agak lebih ke selatan garis ekuator (efek panas berkurang)," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement